Teroris Bekasi Motivasi untuk Jihad dari Facebook, Polri: Pendukung Jaringan ISIS

By Redaksi - Tuesday, 15 August 2023
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan. (Foto: Istimewa)
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan. (Foto: Istimewa)

Jakarta - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap seorang karyawan KAI berinisial DE karena diduga menjadi pendukung aktif kelompok ISIS. DE ditangkap di Bekasi, Jawa Barat, Senin, 14 Agustus 2023.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengungkapkan, tersangka DE memberikan motivasi untuk jihad di media sosial Facebook.

"Saudara DE merupakan salah satu pendukung jaringan teroris ISIS yang aktif melakukan propaganda di media sosial dengan memberikan motivasi untuk jihad melalui media sosial Facebook," kata Brigjen Ahmad Ramadhan saat konferensi pers di Gedung Divisi Humas Polri, Jakarta, Selasa, 15 Agustus 2023.

Ia menjelaskan, pelaku memposting di Facebook berupa poster digital berisikan teks pembaruan baiat dalam bahasa Arab dan bahasa Indonesia kepada pemimpin Islamic State yaitu Abu Al Husain Al Husaini Al Quraysi.

Selain itu, lanjutnya, pelaku memiliki senjata rakitan serta terlibat dalam penggalangan dana dan aktif menjadi admin dalam pembuatan beberapa channel Aplikasi Telegram.

"Pelaku menjadi admin dan pembuatan beberapa channel aplikasi Telegram yang berisikan arsip film dokumenter dan breaking news yang merupakan channel update teror global yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesia," ucap Brigjen Ramadhan.[]