Peminat Kendaraan Listrik Terus Bertambah, PLN Percepat Pembangunan SPKLU di Sumut

By Redaksi - Wednesday, 07 June 2023
Ilustrasi kendaraan listrik. (Foto: Dok. Pixabay)
Ilustrasi kendaraan listrik. (Foto: Dok. Pixabay)

Jakarta - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatra berkomitmen melakukan percepatan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia dengan menyiapkan infrastruktur kendaraan listrik, khususnya di wilayah Sumatra Utara (Sumut).

Demikian disampaikan General Manajer PLN UID Sumatera Utara Awaluddin Hafidz, merespons semakin banyaknya peminat kendaraan listrik di Sumut.

"PLN siap menyambut masifnya penggunaan kendaraan listrik di Sumatra Utara. Peminat kendaraan ini terus bertambah seiring dengan pembangunan infrastruktur pendukung yang dipersiapkan oleh PLN," kata Awaluddin Hafidz di Medan, Selasa, 6 Juni 2023.

Dia mengatakan PLN akan terus membangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang beroperasi di berbagai lokasi strategis di Sumut. PLN juga menggandeng berbagai pihak untuk mempercepat pembangunan SPKLU ini.

"Tercatat hingga Mei 2023 sebanyak 748 transaksi penggunaan di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di 10 titik di Sumut," ujarnya.

Sejak pembangunan SPKLU ini, lanjutnya, PLN berhasil mendapatkan penjualan tenaga listrik sebanyak 16.784,53 Kilo Watt Hour (kWh) dan meraup pendapatan sebanyak Rp 45 juta dari pengisian kendaraan listrik.

Selain tempat pengisian daya secara umum, PLN juga bekerja sama dengan produsen kendaraan listrik untuk menyediakan fasilitas home charging bagi pemilik kendaraan listrik.

Dia menjelaskan, hingga saat ini sudah ada 30 pemilik kendaraan listrik yang telah menikmati fasilitas tersebut di Sumut.

"Melalui kerja sama ini, kini pelanggan tidak perlu khawatir lagi untuk melakukan pengisian daya kendaraan. Karena sejak membeli kendaraan listrik, pelanggan otomatis mendapatkan fasilitas home charging berupa pemasangan peralatan di rumah yang terintegrasi dengan sistem PLN dan juga mendapatkan diskon tambah daya listrik," ujarnya.

Selain itu, dia menyebut bahwa PLN juga telah menyediakan platform digital pendukung pada aplikasi PLN Mobile. platform ini diyakini berguna untuk mempermudah masyarakat Sumut mencari lokasi SPKLU terdekat.

Melalui platform ini, masyarakat juga dapat mengetahui pengeluaran biaya kendaraan listrik yang dikeluarkan.

Demi mendorong penggunaan kendaraan listrik di Sumut, PLN juga memberikan promo pemasangan baru "Super Everyday" bagi pemilik mobil listrik.

Pelanggan cukup mengeluarkan biaya Rp 850 ribu untuk biaya penyambungan baru daya 7.700 VA (1 fasa) dan penyambungan daya 13.200 VA (3 fasa) dengan membayar sebesar Rp 3,5 juta. Promo ini berlaku sampai dengan 31 Desember 2023.

"Dalam upaya pengembangan SPKLU di Sumatra Utara, PLN tidak dapat melakukannya sendirian. Untuk itu, PLN membuka peluang franchise bagi mitra yang berminat untuk bekerja sama dengan PLN," ucap Awaluddin.[]