Kapolres Simalungun Ajak Anak Muda Mencontoh Jeka Saragih

By Redaksi - Saturday, 12 November 2022

Simalungun - Bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan 10 November, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kabupaten Simalungun mengadakan acara penyambutan khusus kepada sang petarung Road to UFC Jeka Saragih di tanah ‘Habonaron Do Bona’ Simalungun, Kamis (10/11/2022) di Rumah Dinas Bupati di Pamatang Raya.

Pejabat yang hadir pada acara ini, Bupati dan Wabup Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga dan Zonny Waldi, Ketua DPRD Simalungun, Timbul Jaya Sibarani, Kapolres Simalungun, AKBP Ronald FC Sipayung, lembaga adat, tokoh masyarakat, pemuda dan lainnya menyambut Jeka didampingi istri dan ibunya.

Suasana penyambutan yang penuh semangat itu diawali dengan Tor-tor Parahot, kemudian pemberian hiou pamotting (kain adat Simalungun) dan boras tenger (upa–upa).

Penyambutan kehadiran Jeka Saragih yang disaksikan ribuan warga diharapkan menjadi motivasi bagi kalangan anak-anak muda. Semangat Jeka Saragih yang pantang menyerah di tengah ragam tantangan, dan mau belajar terus-menerus diharapkan dapat teladani kalangan anak muda.

Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, yang turut hadir dalam penyambutan itu tidak lupa mengajak anak muda menjaga diri dari penyalahgunaan narkotika karena barang haram itu menjadi perusak masa depan anak muda, keluarga dan bangsa.

Ditegaskan, generasi muda punya peran penting dalam kemajuan negara. Generasi mandiri yang berprestasi tentu akan sukses dalam menggapai mimpi dalam lingkungan yang sehat dan menerapkan hidup sehat tanpa narkoba.

“Saya berharap kepada saudara Jeka Asparido Saragih dapat memberikan motivasi dan dorongan kepada para pelajar dan pemuda di wilayah Kabupaten Simalungun untuk menjauhi narkoba, melalui segudang prestasi yang dimiliki," kata Kapolres.

Pemuda, kata Kapolres Simalungun, diharapkan menjadi garda terdepan yang berani menolak dan memotong peredaran narkoba. Gaya hidup demikian sebagai bukti bahwa Indonesia kuat tanpa narkoba. Sehingga peredaran barang haram itu bisa hilang dengan sendirinya.

Sementara Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga tak lupa mengapresiasi Jeka Asparido Saragih yang telah mengukir prestasi dikancah internasional.

“ Saya sangat bangga kepadamu ananda Jeka, saat menontonmu bertanding sangat luar biasa,” kata Bupati

Kebanggaan Bupati kepada Jeka Aspsrido Saragih saat menonton pertandingan yang disiarkan langsung TV luar negeri ketika ada nama Simalungun yang terus dikumandangkan beberapa kali pada siaran televisi internasional tersebut.

"Jarang itu, tidak ada di TV internasional nama Kabupaten Simalungun tertulis. Kali beberapa kali di situ, luar biasa. Dan ini menjadi modal kita untuk membangun Simalungun,”ucap Bupati.

Menyinggung tentang pertandingan final Jeka Asparido Saragih untuk tiket UFC yang akan berlangsung di Negara Korea, Bupati berencana akan menyaksikan langsung pertandingan Jeka Saragih di final UFC. Bahkan Bupati berfirasat bahwa Jeka Asparido Saragih ke depan akan menjadi orang hebat.

“Kami pemerintah dan masyarakat selalu mendukung dan mendoakan mu untuk bertanding nanti di Korea. Semoga di Korea nantinya Jeka juga bisa mengharumkan nama Simalungun dan bangsa Indonesia,” ungkap Bupati yang dilanjutkan dengan penyerahan uang pembinaan menuju final UFC kepada Jeka Aparido Saragih sebesar Rp.75.000.000.

Berkaitan dengan acara penyambutan, Jeka Asparido Saragih didampingi isteri dan orang tua tercintanya menyampaikan ras terima kasihnya kepada Bupati Simalungun dan Wakil Bupati, Forkopimda dan seluruh masyarakat Kabupaten Simalungun yang memberikan dukungan dan doa kepada dirinya selama dalam pertandingan.

Kemudian Jeka menceritakan sekilas proses menuju ke semi final Road to UFC. Dia menyebutkan bahwa dirinya melakukan latihan di San Diego Amerika Serikat Studio 5940.

“ Saya berjuang disitu dengan satu motto agar Simalungun bisa dikenal. Dan saya berdoa ketika saya menang, saya mengucapkan Simalungun,” kata Jeka disambut dengan tepuk tangan yang meriah.

“ Satu hal yang belum pernah saya sampaikan yaitu tentang jalan di Simalungun. Saya selalu berdoa ketika saya menang, saya akan bertemu dengan Bapak Presiden Joko Widodo, saya akan minta satu kepada beliau yaitu ketika saya menang jalan di Simalungun harus bagus,” ujar Jeka.

Dalam kesempatan itu, Jeka juga memperkenalkan adik-adik binaan nya yang tergabung di Patunggung Simalungun Siantar Club (PSSC) dan menyampaikan salam dari pembinanya Elisben Purba kepada Bupati Simalungun.

Menurut Jeka, adik binaannya juga telah berhasil mewakili Kabupaten Simalungun di cabang olahraga Kick Boxing dan menjadi juara umum serta beberapa prestasi yang telah ditorehkan dari adik-adik binaanya untuk Simalungun.

“ Semoga dengan prestasi mereka membawa Simalungun bisa lebih baik lagi,” kata Jeka, menutup sambutannya.

Kategori