Ingat! 15 Maret Sebanyak 774 Calon Pangulu Bertarung

By Redaksi - Thursday, 09 March 2023

Simalungun - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun akan melaksanakan pemungutan suara untuk menentukan Pangulu, yang akan memerintah selama 5 tahun di daerah Nagori.

Pemilihan Pangulu Nagori (Pilpanag) atau setingkat pemilihan kepala desa itu digelar, 15 Maret 2023 di 248 Nagori dengan jumlah calon Pangulu mencapai 774 orang. Sementara jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) mencapai 1.214 yang tersebar di 31 kecamatan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Nagori (DPMPN), Sarimuda Purba mengatakan pelaksanaan Pilpanag ini sudah disiapkan secara matang, termasuk anggarannya. Ia pun mengingatkan warga untuk memberikan hak suaranya.

"Persiapan sejauh ini, sesuai dengan tahapan berjalan lancar. Dan saat ini masuk tahapan kampanye damai, mulai tanggal 7 sampai dengan tanggal 9 Maret 2023," katanya saat dikonfirmasi, Rabu (8/3/2023).

Sarimuda Purba mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Polres Simalungun dalam menjaga ketertiban dan keamanan pada saat pelaksanan Pilpanag. Guna memaksimalkan pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS), pihaknya juga melibatkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

"Dalam melaksanakan pengamanan, kita sudah koordinasi dengan polisi dan ini sudah mulai November 2022 kemarin," ujarnya sembari berpesan kepada para peserta supaya tidak melakukan kecurangan dan tetaplah menaati aturan sebagai yang disampaikan panitia di lapangan.

Perlu diketahui, jumlah calon Pangulu paling sedikit 2 orang dan paling banyak 5 orang. Jika calon hanya 1 orang maka jadwal proses pendaftaran akan diperpanjang. Jika kemudian calon tetap tidak mencapai 2 orang maka pemilihan ditunda sampai pemilihan gelombang kedua.

Kategori