Air Sungai Meluap Hancurkan Jembatan Tanah Jawa

News

by Patiar Manurung 0 views

Air Sungai Meluap Hancurkan Jembatan Tanah Jawa

Simalungun, Kabarnas.com - Sejumlah jalan utama di daerah Kabupaten Simalungun mengalami kerusakan karena longsor setelah curah hujan cukup tinggi beberapa minggu belakangan. Adapun longsor itu terjadi di Jalan Tanah Jawa, Jalan Lintas Sumatera Utara Siantar-Parapat (jembatan di depan SD Plus Tiga Balata), Jalan Medan (jembatan Sigagak) dan lainnya.

Kerusakan jalan ini sedang dalam perbaikan tetapi lalulintas kenderaan umumnya terganggu. Namun polisi tetap melakukan pengaturan guna mengantisipasinya munculnya korban jiwa. Sedangkan khusus di Tanah Jawa, polisi mengalihkan arus lalulintas.

Adapun kerusakan di jembatan di Tanah Jawa akibat Sungai Bah Tongguran meluap. Bahkan debit air yang meningkat kemudian menghantam sejumlah bangunan warga hingga Jembatan Kuning Tanah Jawa.

Kapolsek Tanah Jawa, Kompol Selamat mengatakan bahwa debit air datang begitu cepat hingga puncaknya terjadi pukul 22.00 WIB sampai merubuhkan jembatan. Warga sempat resah karena kuatir air semakin tinggi. "Air data tiba l-tiba di malam hari," kata Kapolsek, Sabtu (21/11/2020).

Kegelisahan warga dilandasi ketinggian air dari atas permukaan sungai mencapai 7 meter saat normal. Sungai bahkan menggenangi jembatan dan menyusup ke rumah warga yang ada di bibir sungai.

Terkait dampak, Selamat menjelaskan tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Namun 12 unit bangunan warga (rumah dan warung) serta satu unit rumah ibadah yaitu Masjid Raya Pekan Tanah Jawa sempat kebanjiran.