by

Sebanyak 17 Tenaga Medis di Siantar Dinyatakan Positif Covid-19

Pematangsiantar, Kabarnas.com – Pasien Covid-19 terus meningkat dan mengkhatirkan. Sebanyak 17 orang tenaga medis di Kota Pematangsiantar dinyatakan terpapar positif Covid-19. Semua tenaga medis tersebut diprediksi terpapar saat menjalankan tugas melayani masyarakat. Adapun tenaga medis ini bekerja di Dinas Kesehatan (Dinkes) sebanyak 10 orang, sebanyak 2 orang di RUSD Djasamen Saragih dan 2 orang di Pukesmas Kartini. Sedangkan 3 orang lagi dari rumah sakit swasta.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (Jubir GTPP) Covid-19 Kota Pematangsiantar, Daniel Siregar mengatakan, Senin (27/7), bahwa 9 orang tenaga medis yang positif Covid-19 tersebut diketahui terpapar dari salah satu orang sesama rekan kerja. Itu terungkap lewat pemeriksaan swab test. Dan saat ini 10 orang diantaranya sedang ditangani intensif di Rumah Sakit Tentara.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Pematangsiantar dr Ronald Saragih mengakui bahwa sebagian besar tenaga medis terpapar Covid-19 karena lalai saat membuka Alat Pelindung Diri (APD). Padahal mereka sudah kita bekali dengan APD tingkat III. dr Ronald Saragih mengaku, kondisi kesehatan pegawainya baru diketahui setelah ada yang mengeluh demam. Sempat dirawat inap namum tidak mengalami pemulihan. “Karna demam tak kunjung turun, lalu dilakukan swab dan terkonfirmasi positif,” kata Ronald.

Pada kesempatan ini, dr Ronald Saragih mengaku harus melakukan lockdown selama 14 hari sehingga sebaran Covid-19 tidak terjadi, khususnya kepada pegawai lainnya. “Saya juga karantina mandiri ini di rumah. Kita gak mau ambil risiko lah, makanya kantor pun ditutup itu,” terangnya. (Man)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *