Wujudkan Persamaan Hak Bagi Penyandang Disabilitas

By Redaksi - Monday, 14 December 2020

Pematangsiantar, Kabarnas.com - Saat menghadiri peringatan Hari Disabilitas Indonesia (HDI),  Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar mengajak masyarakat agar peduli terhadap mereka yang memiliki kebutuhan khusus atau penyandang disabilitas guna mewujudkan persamaan hak di tengah kehidupan berbangsa.

"Dan mengucapkan Selamat Hari Disabilitas Internasional kepada seluruh Saudara kita kaum difabel dan juga kepada orangtua yang turut serta mendampingi anak-anaknya," kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Zainal Siahaan, saat menghadiri acara peringatan HDI Tahun 2020, di Balai Rahmat Shah Pematangsiantar, Minggu (13/12/2020) mulai sekitar pukul 13.00 WIB.

Dilanjutkannya, harus diingat penyandang disabilitas juga memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan masyarakat yang memiliki fisik yang sempurna. Penyandang disabilitas, katanya, berhak untuk mendapat perhatian dan penghormatan tanpa membedakan suku, agama, maupun ras meskipun mempunyai fisik yang tidak sempurna.

"Kita yakin terdapat banyak potensi yang bisa digali dari para penyandang disabilitas. Bagaimanapun kondisi kita, harus tetap disyukuri. Saya yakin Allah SWT merencanakan sesuatu yang sangat baik untuk masing-masing diri kita," terangnya. 

Zainal berpesan kepada para penyandang disabilitas di Kota Pematangsiantar untuk tetap semangat menjalani kehidupan. "Jangan patah arang, percaya dirilah, terus bekerja keras dan berinovasi dalam setiap bidang yang ditekuni masing-masing, agar dapat meraih kesuksesan," pesannya.

Kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan stakeholder lainnya untuk terus bersinergi demi memberikan kontribusi bagi kesejahteraan penyandang disabilitas.

"Saudara-saudara kita para penyandang disabilitas bukanlah orang yang mengharapkan dikasihani. Tetapi mereka butuh diberikan kesempatan untuk dapar menunjukkan kualitas dan kapasitas diri mereka yang sebenarnya," jelasnya.

Pada kesempatan itu Zainal juga mengucapkan terima kasih, khususnya kepada Yayasan Kita Serupa Pematangsiantar yang menjadi yayasan bagi para penyandang difabel. "Harapan saya senantiasa bersinergi dengan Pemerintah Kota Pematangsiantar," sebutnya.