Usai Melihat Usaha Kerupuk, Warga Berharap Asner Silalahi Menang

By Redaksi - Tuesday, 03 November 2020

Pematangsiantar, Kabarnas.com - Calon Wali Kota Pematangsiantar, Ir Asner Silalahi MT sembari blusukan mencoba menyambangi sejumlah petani dan beberapa pelaku usaha UMKM, seperti usaha kerupuk di Kelurahan Mekar Nauli, Kecamatan Siantar Mekar Nauli, Kecamatan Siantar Marihat, Senin (2/11/2020).

Saat menyampa warga sekaligus membagikan masker di tengah aktifitas olahraga pagi, warga berharap banyak kepada Asner Silalahi, seperti perhatian kepada usaha-usaha rumahan. Sembari berbincang dengan warga, Asner Silalahi mencoba melihat sendiri usaha warga di sana.

Mengenai usaha itu, Asner Silalahi pun bercerita tentang perlunya pembinaan bagi UMKM, sehingga layak dipasarkan ke konsumen yang lebih luas. Contohnya adalah usaha kerupuk, butuh pengemasan yang lebih menarik, peningkatan mutu makanan dan sebagainya.

“Tentu ini bagian dari tugas pemerintah untuk memperhatikan masyarakatnya. Ini nantinya menjadi PR kami jika terpilih jadi Walikota supaya dilakukan pembinaan yang lebih baik lagi,” ujarnya.

Selain UMKM, di daerah Mekar Nauli tersebut Asner Silalahi melihat infrastruktur yang belum terbenahi secara baik. Sebagaimana harapan warga, khususnya yang sehari-harinya mengandalkan jalan di sana, Asner Silalahi berjanji akan membenahinya jika telah diberi kepercayaan mengelola pelayanan pemerintah kepada masyarakat.

Terpisah, saat melintasi Kampung Silaumangi, Pintu Bosi, Kayu Raja, rombongan Asner berhenti dan beristrahat di kediaman salah seorang warga bermarga Sirait. Di sana, sekitar 20 orang warga sudah menunggu Asner untuk sarapan pagi bersama.

Dalam kesempatan itu, sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh agama menyampaikan rasa terimakasih kepada Asner Silalahi yang telah bersedia melintas dan melihat kampung mereka dan berharap Asner Silalahi menang untuk membenahi permasalah yang dirasakan warga.

“Ini kami Pak Asner. Kami di sini umumnya petani. Jadi tolong diperhatikan nanti saluran irigasi kami dan terutama kemudahan dalam memperoleh pupuk bersubsidi. Kami di sini sangat mendukung dan siap memilih Asner-Susanti,” ujar tokoh masyarakat.

Menjawab aspirasi itu, Asner Silalahi didampingi istri Juliati br Sihombing dan pada kesempatan itu juga membawa ke tiga anaknya, berjanji akan memberikan pelayanan yang baik demi kemajuan masyarakat.

“Jadi, saya sengaja membawa keluarga untuk turun langsung ke lapangan dan menemui masyarakat. Saya sudah berjalan dan menyapa masyarakat. Banyak masukan yang saya terima,” kata Asner Silalahi.

Asner Silalahi tidak lupa mengatakan bahwa dirinya sudah 28 tahun bertugas di sejumlah daerah terutama di wilayah Papua sebagai PNS di Kementerian PUPR. Menurutnya, pembangunan irigasi, jalan, jembatan, serta program padat karya merupakan tugas yang senantiasa ia lakukan selama PNS. Sehingga Asner mengatakan bahwa dirinya kembali ke Siantar hanya satu tujuan. Yakni membangun Kota Siantar menjadi Bangkit dan Maju.

“Saya dan Ibu dr Susanti Dewayani SpA yang merupakan ahli di bidang kesehatan, memiliki visi misi bagaimana mewujudkan Siantar Sehat, Sejahatera dan Berkualitas. Jadi mohon doa dan dukungan dari Bapak Ibu semua. Agar kita bangun Siantar ini,” jelas Asner Silalahi. “Pelayanan kesehatan, kemudahan pelayanan administrasi, pengembangan UMKM, serta pembangunan infrastruktur menjadi tugas kami nantinya,” jelas Asner Silalahi.

Sebelum pulang, Asner Silalahi tidak lupa berterimakasih kepada masyarakat yang antusias menyambutnya termasuk tuan rumah yang telah menyediakan tempat untuk sarapan bagi rombongan jalan santai.