Usai Dipecat dari PDIP, Budiman Sudjatmiko Diisukan Gabung Partai Gerindra

By Redaksi - Friday, 25 August 2023
Mantan Politikus PDI Perjuangan, Budiman Sudjatmiko. (Foto:Istimewa)
Mantan Politikus PDI Perjuangan, Budiman Sudjatmiko. (Foto:Istimewa)

Jakarta - Usai dipecat sebagai kader PDI Perjuangan (PDIP), Budiman Sudjatmiko diisukan bakal bergabung dengan partai yang dikomandoi oleh Prabowo Subianto, yakni Partai Gerindra.

Terkait isu itu, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman mengaku bahwa partainya belum mendapat informasi apakah Budiman Sudjatmiko akan bergabung ke partainya atau tidak.

"Saat ini, kami belum mendapat informasi apakah Saudara Budiman ingin bergabung dengan Partai Gerindra. Jadi, kami tidak mau berandai-andai," kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman dalam keterangannya, Jumat, 25 Agustus 2023.

Dia menjelaskan, Partai Gerindra terbuka bagi seluruh warga negara Indonesia (WNI) yang menerima Pancasila, UUD Negara RI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai bagian partainya.

Lebih lanjut, dia menyebut bahwa Partai Gerindra tidak dalam posisi untuk mencampuri urusan internal partai politik lain terkait pemecatan kader.

Sebaliknya, sambung dia, Gerindra justru menghormati mekanisme organisasi yang diberlakukan di PDI Perjuangan.

"Baik PDI Perjuangan maupun Saudara Budiman adalah sahabat kami," ucap Habiburokhman.

Politisi Budiman Sudjatmiko membenarkan bahwa dirinya sudah menerima surat pemecatannya sebagai kader PDI Perjuangan (PDIP).

"Benar sudah saya terima (surat pemecatan PDIP). Tadi pukul 20.00 WIB saya menerimanya," kata Budiman di Jakarta, Kamis malam, 24 Agustus 2023.

Ia mengatakan surat pemecatan itu ditandatangani langsung oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, pada hari ini di mana dirinya menerima surat tersebut.

Meski begitu, aktivis prodemokrasi 90-an ini enggan untuk berkomentar lebih lanjut. Ia hanya mengucapkan terima kasih kepada PDIP yang telah memberikannya kesempatan untuk berkecimpung di dunia politik.

"Ini adalah pengakhiran dari satu episode dalam hidup saya dan memulai episode berikutnya. Bagian dari perjalanan saya sebagai manusia politik sejak saya remaja," ucap Budiman.

Diberitakan sebelumnya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bakal memberikan sanksi kepada kadernya, Budiman Sudjatmiko, pada Senin, 21 Agustus 2023.

Pemberian sanksi itu buntut deklarasi dukungan yang diberikan Budiman kepada bakal calon presiden (bacapres) dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto mengungkapkan bahwa sanksi itu berupa pengunduran diri atau pemecatan. Ia menyebut, pengumuman itu akan disampaikan langsung Ketua DPP Bidang Kehormatan PDIP, Komarudin Watubun.

"Nanti, Pak Komarudin akan mengumumkan. Yang jelas, partai tidak mentolerir terhadap tindakan indisipliner setiap kader partai. Partai akan mengambil suatu tindakan yang tegas. Opsinya mengundurkan diri atau menerima sanksi pemecatan," kata Hasto di sela-sela Rapat Kerja Daerah (Rakerda) III DPD PDIP Kalimantan Timur di Balikpapan, Minggu, 20 Agustus 2023.[]