Tolak Dirujuk ke Medan, Pasien Covid-19 Meninggal di Rumah

By Redaksi - Tuesday, 03 August 2021

Pematangsiantar - Nasir Wilson Purba, seorang warga yang terpapar Covid-19 meninggal dunia setelah menolak untuk dirujuk ke rumah sakit yang ada di Medan, Selasa (3/8/2021) sekitar pukul 9.00 WIB.

Awalnya keluarga membawa pasien berusia 80 tahun tersebut berobat ke Klinik Kasih yang ada di Jalan Patuanagari, Senin (2/8/2021) sekitar pukul 10.00 WIB. Di sana keluar hasil swab antigen kalau pasien positif terpapar Covid-19.

Berdasarkan kondisi itu, keluarga kemudian memutuskan untuk membawa pasien ke RSUD Djasamen Saragih. Namun pihak rumah sakit menyarankan agar dirujuk ke Medan.

"Kemudian pihak kekuarga tidak setuju dan membawa korban kembali ke rumah di Patuanagari, Kelurahan Sukadame, Kecamatan Siantar Utara, Kota Pematangsiantar, " kata Kapolsek Siantar Utara, AKP Manaek Ritonga.

Mengetahui kematian pasien tersebut, Satgas Covid-19 Kota Pematangsiantar langsung mendatangi rumah duka. Pasien yang sempat disemayamkan langsung dibawa petugas ke RSUD Djasamen Saragih untuk pemulasaran dan akan di kebumikan di Huta Raja, Kabupaten Simalungun.

Terpisah, seorang wanita yang mengaku putri dari almarhum mengaku jika ayahnya sempat drop beberapa hari sebelumnya. Namun tidak ada gejala Covid-19. 

Ia pun tidak bisa menerima dengan status kesehatan yang dialamatkan pada ayahnya sebagamana dalam pernyataan Satgas Covid-19. 

"Kamis lalu dia nge-drop, lemas. Nggak ada tanda tanda Covid-19. Makanya heran bisa Covid-19," kata wanita itu singkat.