Tekan Sebaran Covid-19 di Siantar, Ini Strategi Kapolda Sumut

By Redaksi - Friday, 13 August 2021
Foto
Foto

Pematangsiantar - Kapolda Sumut, Irjen Pol Panca Simanjuntak melakukan kunjungan kerja ke Kota Pematangsiantar, Kamis (12/8/2021). Tujuannya untuk memastikan pelaksanaan PPKM level 4 berjalan dengan baik.

Dalam kunjungan ini Kapolda mengecek langsung kesiapan Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar terhadap tempat isolasi terpusat (Isoter) yang ada di Jalan SM Raja, Kecamatan Siantar Sitalasari dan posko penyekatan di Simpang 2.

Panca Simanjuntak mengutarakan beberapa langkah konkrit untuk mencegah penyebaran Covid-19, antara lain menyiapkan isolasi terpusat dan melakukan intervensi ke pasar-pasar melalui kegiatan vaksinasi massal.

"Karena di Kota Siantar adalah pasar tujuan, dimana pedagang dari beberapa daerah berkumpul, termasuk juga pembeli. Ini harus kita waspadai. Kedepan juga akan dilaksanakan di terminal. Dimana pengemudi kendaraan umum kita harus vaksin supaya meminimalisir penyebaran Covid-19, " katanya.

Langkah kedua adalah tracking. Dimana Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Dinas Kesehatan, memastikan semua masyarakat yang terkonfirmasi disentuh setiap hari. "Harus melaksanakan isolasi dengan benar, tidak menjadi carrier kepada orang lain, baik kepada keluarga maupun lingkungannya," ujarnya.

Ia juga berpesan kepada petugas agar memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pelaksanaan PPKM level 4 di Kota Pematangsiantar dengan humanis sehingga tidak menciptakan kekuatiran.

"Tapi bagaimana diberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa ini langkah kita secara bersama-sama untuk menekan sebaran Covid-19 dan membuat masyarakat lebih sehat, " jelasnya. 

Ia pun berjanji siap menurunkan penambahan personil ke Kota Pematangsiantar jika hal itu dibutuhkan. "Berapa pun personil yang dibutuhkan Pak Wali Kota untuk menjalankan PPKM level 4 kita akan tetap penuhi, " ujarnya.