Tangani Pasien Covid-19, RS Vita Insani Sediakan 33 Tempat Tidur

By Redaksi - Tuesday, 03 August 2021
Foto istimewa
Foto istimewa

Pematangsiantar - Rumah Sakit Vita Insani melakukan pelayanan kesehatan kepada pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19. Sejauh ini jumlah tempat tidur bagi pasien terkonfirmasi Covid-19 sudah mencapai 33 unit.

Humas RS Vita Insani, Sutrisno Munthe mengatakan, pelayanan ini bagian dalam mengikuti kebijakan pemerintah, dimana tiap rumah sakit wajib membuka layanan 30 persen dari jumlah tempat tidur yang ada.

"Pertama kali kita sediakan sekitar 18 kursi , tapi dua hari terakhir ini kita tambah sekitar 15. Jadi saat ini menjadi 33 tidur. Kita tambah tempat tidur karena semakin banyak pasien Covid. Tapi saat ini yang tersisa tinggal 2 tempat tidur," kata Sutrisno, Selasa (3/8/2021).

Pasien Covid-19 yang ditangani, kata Sutrisno adalah pasien dengan gejala ringan. "Kita hanya pengganti isoman. Tetapi jika kondisinya sedang menuju berat dirujuk ke rumah sakit yang menerima rujukan, seperti RS Deliserdang, Binjai atau Medan," ujarnya.

Guna mengetahui pasien terkonfirmasi Covid-19 atau tidak, tenaga medis terlebih dahulu melakukan pemeriksaan swab antigen kepada semua pasien yang hendak berobat ke RS Vita Insani.

"Begitu ada pasien masuk, semua wajib swab antigen dan apabila hasil diagnosa itu sudah terkonfirmasi wajib ditangani, wajib rawat. Untuk pasien Covid-19 kita sediakan pelayanan secara maksimal," ujarnya.

Kedepannya manajemen juga pasti akan berpikir untuk melengkapi peralatan sehingga proses pelayanan bisa lebih baik, seperti pengadaan laboratorium swab PCR atau alat pendukung lainnya.

"Kita prediksi virus ini penyakit yang sulit hilang. Mungkin sama seperti penyakit flu atau batuk, maka kita pasti berpikir bagaimana layanan dapat berjalan lebih baik," katanya dengan berharap wabah ini bisa segera berlalu.