Siapkan Jalan Penghubung, Asner Silalahi Yakin Pasar Tozai Hidup

By Redaksi - Thursday, 05 November 2020

Pematangsiantar, Kabarnas.com - Calon Wali Kota Pematangsiantar, Ir Asner Silalahi MT menyayangkan kondisi Pasar Tozai Baru di Kelurahan Bah Kapul, Kecamatan Siantar Sitalasari tidak berfungsi. Padahal tempat ini sangat strategis dijangkau masyarakat. Hal itu disampaikan kepada warga saat berkeliling kota dalam hal sosialisasi sekaligus menyampaikan visi dan misinya, Rabu (4/11/2020).

Menurut Asner, letak dan lokasi pasar sangat strategis karena berada di jalur Jalan Outer Ring Road atau jalan lingkar yang akan dibangun oleh Pemerintah Kota Pematangsiantar.

"Pasar Tozai berada di daerah padat penduduk. Di sana banyak PNS tinggal dan jarak tempuhnya ke Pasar Horas dan Pasar Dwikora, Parluasan juga jauh. Orang pasti mencari pasar terdekat. Artinya, potensi ada untuk di jadikan salah satu pasar unggulan," katanya.

Bagi Asner, salah satu langkah penting agar pasar ini hidup adalah membuka jalan yang memadahi, yaitu penghubung Pasar Tozai Baru ke kawasan penduduk yang tinggal di Sibatu-batu dan Tengkoh, Kabupaten Simalungun. "Kita akan buka jalan penghubung yang lebih luas," ucapnya kepada warga.

Ia memastikan bahwa daerah yang berada tidak jauh dari Pasar Tozai Baru akan terus menjadi kawasan permukiman baru. "Dan pengaktifan pasar ini pasti menggerakkan perekonomian masyarakat dan akan cepat bertumbuh," katanya.

Jika pasar itu diaktifkan maka titik macet yang selama ini terjadi akan berkurang. Pastinya, gedung pasar akan dibenahi dan infrastruktur akan dibangun. "Untuk mendukung keamanan, tentu akan kita dirikan pos polisi," katanya dengan menambahkan bahwa kawasan di sana akan dikonsep agar indah dilihat.

Sementara itu tokoh masyarakat di Tozai Rimbun Sidabutar, mengapresiasi secara positif kehadiran Asner yang hadir untuk menyapa warga di tozai. Apalagi jika Asner terpilih menjadi walikota Siantar akan mengaktifkan kembali Pasar Tozai. Semoga apa yang dicita citakan PASTI ini akan terwujud.