Sentil Relawan, Megawati: Ada Kesan Sukarelawan yang Bekerja untuk Memenangkan

By Redaksi - Saturday, 03 June 2023
Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri (tengah). (Foto: Istimewa)
Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri (tengah). (Foto: Istimewa)

Jakarta - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri menyentil relawan yang terkesan lebih berperan dalam pemenangan capres. Megawati menyampaikan hal tersebut saat menerima kunjungan Partai Amanat Nasional (PAN) di Kantor Pusat DPP PDI Perjuangan, Jumat, 2 Juni 2023.

Ia mengaku ingin mengoreksi kesan tersebut. Sebab, lanjutnya, peserta pemilu adalah partai politik.

"Saya orang ikut aturan, karena-kadang ada sebuah kesan sepertinya sukarelawan itu justru yang bekerja untuk memenangkan. Nah, saya ingin mengoreksi, tolong kalau saya ngomong begini, ya dimasukkan seperti apa adanya," kata Megawati seperti dikutip di Jakarta, Sabtu, 3 Juni 2023.

Presiden RI kelima itu menegaskan bahwa relawan bukan peserta partai politik. Megawati menyebut relawan adalah orang yang bekerja secara sukarela. Lebih lanjut, dia mengaku hanya bicara apa adanya sesuai aturan yang telah berjalan selama ini.

"Ini peraturan yang dijalankan oleh pemerintahan republik ini untuk seperti berjalan dengan baik untuk bisa adanya pemilu, yaitu mengorganisir yang namanya rakyat," ujarnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa saat ini PDIP telah membentuk tim koordinasi relawan pemenangan Ganjar Pranowo. Tim pemenangan itu secara khusus dibentuk di bawah Puan Maharani.

Diketahui, tim koordinasi relawan Ganjar Pranowo dipimpin oleh Ahmad Basarah selaku Ketua DPP PDIP Bidang Luar Negeri dan Adian Napitupulu. Tak hanya itu, PDI Perjuangan juga sudah meresmikan kantor sekretariat relawan tersebut.

"Nah yang kedua ini adalah mengkoordinir sukarelawan," ucap Megawati.[]