Rumah Terancam Roboh, Pemko Siantar Belum Bisa Membantu

By Redaksi - Thursday, 20 May 2021

Pematangsiantar, Kabarnas.com - Sejumlah rumah yang berdiri di Kompleks Perumahan Karang Sari Permai, Kelurahan Tambun Nabolon, Kecamatan Siantar, Kota Pematangsiantar terancam roboh karena tanah di sekitarnya longsor.

Kini warga resah dan sangat kuatir karena longsor rentan melebar dan jika terjadi, tidak hanya rumah yang roboh, nyawa warga turut terancam. Bahkan akses jalan terancam putus apalagi di tengah musim hujan sekarang ini.

Warga mengatakan, longsor disebabkan meningkatnya debit air di tengah musim penghujan ini. Oleh karena itu, pemerintah diharapkan segera mungkin menangani longsor setinggi 5 meter dan luas 10 meter tersebut.

"Ini sudah dua tahun. Tapi parah pas awal awal bulan puasa ini. Kita sudah ajukan proposal ke Pemko Pematangsiantar. Kalau sekarang kita sudah takut tinggal di sini. Udah nggak di sini lagi kami," ujar salah seorang warga, Hijrah Sikumbang, Rabu (19/5/2021).

Menanggapi keluhan warga itu, Kepala BPBD Daniel Siregar mengaku sudah meninjau lokasi longsor. "Kita sudah survey. Kita sudah turun untuk survey awal untuk melakukan perhitungan," kata Daniel.

Sejauh ini, Daniel Siregar mengaku belum bisa berbuat banyak karena Kompleks Perumahan tersebut bukan aset Pemko Pematangsiantar. "Kita sudah bicara dengan warga terkait aset jalan belum diserahkan ke Pemko Pematangsiantar untuk ditangani," jawabnya singkat.