Prabowo Subianto Soal MK Tolak Gugatan Batas Usia Capres 70 Tahun: Kumaha!

By Redaksi - Tuesday, 24 October 2023
Calon Presiden, Prabowo Subianto. (Foto: Istimewa)
Calon Presiden, Prabowo Subianto. (Foto: Istimewa)

Jakarta - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengaku heran banyaknya pihak mempersoalkan usia atau tua-mudanya seseorang yang bakal ikut dalam kontestasi Pemilu di Tanah Air.

Demikian disampaikan merespons soal gugurnya gugatan batas usia capres di Mahkamah Konstitusi, pada Senin, 23 Oktober 2023 kemarin.

"Yang saya merasa aneh ya, kalau begini terlalu muda, kalau begitu terlalu tua. Kumaha? Iya, kan. Jadi kalau gak cocok dicari-cari," kata Prabowo di sela Rapimnas Partai Gerindra, seperti dikutip Selasa, 24 Oktober 2023.

Capres dari Koalisi Indonesia Maju menuturkan, biarlah demokrasi berjalan dengan apa adanya. Ia mempersilakan masyarakat menentukan pilihan terhadap figur yang saat ini muncul.

"Demokrasi ya demokrasilah, biarlah biar rakyat yang memilih, iya kan," ujarnya.

Dia berharap demokrasi di Pemilu dan Pilpres 2024 bisa berjalan dengan baik. "Yang penting rukun, sejuk, damai, oke?" katanya menyudahi keterangan di hadapan awak media.

Diketahui, gugatan terkait batas usia maksimal calon presiden 70 tahun gugur di Mahkamah Konstitusi (MK) pada Senin, 23 Oktober 2023.

Ketua MK Anwar Usman yang membacakan putusan tersebut. Sebelumnya, gugatan dimohonkan oleh Wiwit Ariyanto, Rahayu Fatika Sari, dan Rio Saputro yang dikuasakan kepada Aliansi 98.

MK secara resmi menolak gugatan terkait batas usia maksimal capres yang tertuang dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

"Amar Putusan. Mengadili. Satu, menyatakan permohonan para Pemohon sepanjang pengujian norma Pasal 169 huruf q UU 7/2017 tidak dapat diterima. Dua, menolak permohonan para Pemohon untuk selain dan selebihnya," kata Ketua MK Anwar Usman.

Gugatan mengantongi nomor perkara 102/PUU-XXI/2023. Para pemohon meminta agar batas usia maksimal capres 70 tahun serta tidak pernah cedera karena terlibat pelanggaran HAM. []