Pasien Covid Dilayani Baik, Komisi I DPRD Puji Pihak Puskemas Bah Biak

By Redaksi - Tuesday, 03 August 2021

Pematangsiantar - Anggota Komisi I DPRD Kota Pematangsiantar kembali melakukan kunjungan kerja dalam mengecek pelayanan pihak Puskemas terhadap pasien Covid-19. Kali ini ke Puskemas Bah Biak, Jalan Manunggal Karya, Kecamatan Siantar Marimbun, Selasa (3/9/2021).

Hadir dalam kesempatan ini, Andika Prayogi Sinaga selaku Ketua Komisi I DPRD, Baren Alijoyo Purba, Jani Apohan Purba, Ilhamsyah Sinaga dan Lulu Purba. Dalam pertemuan ini, pelayanan di Puskemas Bah Biak ini dipuji DPRD karena dinilai bagus. 

Apresiasi ini disampaikan anggota DPRD karena dari sejumlah pertanyaan, pihak puskemas sudah menjalankan sebaik mungkin, antara lain, pemeriksaan swab antigen, pelaksanaan tracing maupun melayani pasien yang sedang menjalani Isolasi Mandiri (Isoman).

Walau tindakan pelayanan diupayakan sebaik mungkin, Kepala Puskemas Bah Biak, Rumondang Sirait mengakui masih ada kendala dari tengah-tengah masyarakat itu sendiri. Tidak jarang yang menolak mengikuti pemeriksaan dan menolak dirawat di rumah isolasi.

"Kalau kita mau memeriksa lebih lanjut soal adanya informasi ada warga terpapar Covid-19, warga yang terkait mau menolak. Alasanya, warga mengaku tidak mengalami gejala, seperti tidak batuk dan tidak filek," ujarnya dengan menyebutkan jumlah pasien isoman saat ini mencapai 60 orang.

Dalam menghadapi penolakan warga, kata Rumondang, pihaknya pun meminta bantuan tim Satgas lainnya, yaitu polisi dan TNI. "Biasanya, kita melibatkan mereka TNI-Polri dan warga akhirnya mau. Untuk yang isoman kita pantau terus tiap hari, baik mendatangi rumah warga atau melalui handphone," ujarnya.

Mendengarkan itu, Andika Sinaga tetap mendorong petugas bekerja humanis guna mendapatkan hasil yang lebih naik dan sekaligus menghindari perdebatan. Petugas pun diminta tetap menjaga kesehatan dan memperhatikan jam-jam beristirahat.

Ilham Sinaga dan dewan lainnya sempat bertanya tentang perlengkapan pendukung dalam melayani warga terpapar Covid-19. Mengenai ini, Rumondang didampingi pegawai lainnya mengaku sebagian besar terpenuhi. Namun tidak dipungkiri masih ada yang sangat dibutuhkan seperti vitamin.

Terkait itu Komisi I DPRD berjanji akan mencoba mendorong Dinkes agar memperhatikan pihak puskemas sehingga bisa mendapatkan apa yang dibutuhkan.