Operasi Ambeien Dijamin Program JKN-KIS, Khairani Bersyukur

By Redaksi - Tuesday, 29 June 2021
Foto istimewa
Foto istimewa

Pematangsiantar, Kabarnas.com - Salah satu warga Kota Pematangsiantar yang telah menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), Kahirani Ali (24) mengaku telah merasakan manfaat besar dari program yang dihadirkan oleh Pemerintah sejak tahun 2014 lalu ini untuk menjamin masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

Khairani baru saja didagnosa dokter mengalami masalah ambeien dan harus menjalan operasi. Beruntung saja Khairani telah lama terdaftar sebagai peserta JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) sehingga tidak takut untuk memikirkan biaya untuk operasi ambeiennya.

“Sekitar seminggu yang lalu, saya baru saja melahirkan anak pertama secara normal, namun setelah melahirkan saya mengalami masalah pada saat buang air besar dan langsung saja saya berobat. Dokter mengatakan saya ambeien yang kemungkinan akibat proses melahirkan beberapa saat yang lalu sehingga harus dilakukan operasi. Namun saya merasa sedikit lega karena seluruh biaya operasi ditanggung oleh Program JKN-KIS,” kata Mariam, Jumat (11/6/2021).

Khairani bercerita pengalaman pribadinya setelah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, ia dilayani dengan baik, dimana pemberi layanan Kesehatan di fasilitas kesehatan sama sekali tidak membeda-bedakan pasien yang berobat.

Semua pasien diperlakukan sama baiknya sesuai dengan hak kelas perawatannya. Para tenaga medis rutin berkunjung dan selalu menanyakan kondisi Kesehatannya. Para perawat juga sangat tanggap Ketika ada diminta pertolongan, dan ini dinilai sangat memuaskan.

“Menjadi peserta JKN-KIS bagi saya pribadi adalah hal yang sangat membanggakan. Karena selain kesehatan saya dan keluarga dijamin oleh Program JKN-KIS, kami dapat ikut menyehatkan peserta lain yang sedang sakit melalui iuran yang rutin saya bayarkan setiap bulannya. Ya hitung-hitung menabung sambal menambah pahala lah,” ujarnya.

Wanita yang bekerja di salah satu rumah sakit yang ada di Kota Pematangsiantar ini juga berharap program tersebut terus berkesinambungan dan semakin menumbuhkan rasa sadar masyarakat akan pentingnya bergotong-royong demi mendapatkan kemudahan bersama jika nanti sewaktu-waktu mengalami jatuh sakit.

“Semoga pelayanan yang dilakukan khususnya bagi fasilitas kesehatan kepada peserta JKN-KIS terus ditingkatkan. Saya juga berharap, mudah-mudahan masyarakat bisa lebih menyadari betapa berharga dan bermanfaatnya Program JKN-KIS ini. Ada ratusan bahkan jutaan masyarakat yang telah merasakan manfaat Program JKN-KIS ini,” tutup Khairani.