Mendagri Puji Peran Satpol PP Dalam Menangani Covid-19

By Redaksi - Thursday, 22 July 2021

Jakarta, Kabarnas.com - Kehadiran Satpol PP dalam mengatasi lonjakan Covid-19 sangat penting. Salah satu perannya adalah pencegahan penularan Covid-19.

Namun belakangan kehadiran Satpol PP menjadi sorotan karena diduga melakukan pemukulan terhadap seorang wanita. Hal ini pun membuat Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian angkat bicara.

Tito tahu bahwa dalam penanganan pandemi Covid-19 ini, Satpol PP memiliki peran penting, baik dari hulu hingga hilir. Namun yang paling utama adalah penanganan di hulu.

Peran Satpol PP di hulu adalah mencegah terjadinya kerumunan maupun mengurangi mobilisasi masyarakat yang berpotensi menciptakan penularan Covid-19.

"Nah, dalam konteks penegakan untuk menangani pandemi ini, maka peran Satpol PP paling utama adalah di hulu, yaitu melakukan pencegahan," kata Tito.

Sementara dalam penanganan di hilir, Satpol PP dapat memperkuat sistem kesehatan jika ditugaskan untuk melacak orang yang kontak dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

"Peran hilir lainnya, misalnya meminta masyarakat melakukan isolasi mandiri," kata dengan menegaskan bahwa menyadari, dengan PPKM ini masyarakat kurang nyaman.

Atas kondisi masyarakat sekarang ini, Satpol PP diminta memperhatikan sejumlah hal dalam PPKM ini. Salah satunya menempatkan penanganan dengan santun dan kekerasan menjadi tindakan paling terakhir.

Kategori