Lama Tuntas, Komisi III DPRD Tinjau Proyek Ringroad dan Stadion

By Redaksi - Friday, 03 September 2021

Pematangsiantar - Proses pengerjaan dua proyek besar yang sangat dibutuhkan masyarakat Kota Pematangsiantar, namun beberapa tahun belum tuntas, yakni ring road dan Stadion Sang Naualuh ditinjau Komisi III DPRD, Kamis (2/9/2021). 

Tujuan DPRD ini melakukan fungsi pengawasannya dengan turun ke lapangan mengecek pelaksanaan proyek adalah sebagai upaya dalam mencegah masalah jangan sampai terulang kembali. 

Kehadiran Komisi III DPRD yang diketuai Denny Torang Siahaan bersama sekretaris, Daud Simanjuntak dan anggota, Noel Lingga, Irwan serta Nurlela Sikumbang didampingi langsung Kepala Dinas PUPR, Reinward Simanjuntak.

Reinward Simanjuntak pun mengapresiasi kunjungan kerja DPRD tersebut. Besar harapannya dukungan yang diberikan DPRD, baik dari sisi pembiayaan, perencanaan dan pengawasan dapat menuntaskan pembangunan.

"Contoh kasus ring road, sudah hampir 15 tahun berjalan. Masyarakat Pematangsiantar sudah sangat membutuhkan itu dan pertumbuhan lalulintas ke depan, sesuai dengan perkembangan kawasan strategis Danau Toba sangat membutuhkan penyelesaian dan penuntasan ring road, " katanya.

Menurut Reinward, dana yang telah terpakai selama proses pembangunan sudah mencapai Rp 140 miliar. Walau demikian, anggaran menuntaskan seluruhnya diperkirakan masih membutuhkan lebih dari Rp 100 miliar.

"Kita sudah melakukan berbagai upaya memohon bantuan ke pemerintah atasan, tetapi dilematis. Apa yang kita alami di dua tahun terakhir ini (COVID-19) sungguh menyulitkan, " ucapnya dengan menambahkan kendala yang dihadapi sekarang adalah refocusing puluhan miliar.

Reinward memprediksi ring road dari Jalan Medan hingga Simpang Dua bisa difungsikan 2 tahun lagi. "Tapi kita berharap di pemulihan ekonomi tahun 2022 - 2023 nanti, kita punya anggaran. Saya rasa 2024 ring road itu bisa selesai, "ujarnya.

Sementara mengenai Stadion Sang Naualuh, Reinward berjanji bisa dipergunakan tahun ini. "Lapangan selesai tahun ini. Dengan kondisi tribun yang tidak layak tetapi lapangan harus bisa dipergunakan tahun ini, walaupun penonton tidak duduk dengan sempurna, " jelasnya.

Dalam pertemuan itu, Reinward tidak lupa minta maaf kepada DPRD dan masyarakat karena realistik sekarang, yakni pandemi COVID-19 mempengaruhi kelancaran penuntasan proyek-proyek yang dimaksud.

Ketua Komisi III DPRD, Denny Siahaan sendiri sangat mendukung segala upaya yang direncanakan Kadis PUPR dalam menuntaskan ke dua proyek besar tersebut. Dengan demikian, politisi PDI Perjuangan itu berharap pembangunan dapat dimanfaatkan masyarakat.

"Kita harus sama-sama memperjuangkan anggaran untuk pembangunan ring road dan pembangunan stadion Sang Naualuh ini. Kita berharap di tahun depan anggaran bisa cukup agar ring road dapat digunakan, " katanya.

Pada kesempatan itu, Sekretaris Komisi III DPRD, Daud Simanjuntak berpesan kepada Kadis PUPR agar memantau proses pengerjaan sehingga apa yang direncanakan di awal proyek dapat terealisasikan dengan baik.

"Harapan kita dikerjakan tepat waktu dan diperhatikan kualitas apalagi di tengah cuaca cukup ekstrem. Jangan lagi sampai terlampaui tahun anggaran ini ke tahun depan dan jangan sampai ada temuan-temuan seperti tahun sebelumnya, " terangnya.

Sementara Nurlela Sikumbang mengatakan bahwa apa yang mereka lakukan merupakan bagian dari pengawasan DPRD. Hasil kerja yang dilihat DPRD, menurut Nurlela Sikumbang, masih dilaksanakan dengan baik.

"Sejauh ini terealisasi dengan baik dan sudah dikerjakan 57 hari dari target 150 hari. Semoga apa yang menjadi harapan dari Komisi III dapat terealisasikan dengan baik, " katanya dengan menekankan bahwa 2 bulan lagi proyek yang dikerjakan itu akan mereka tinjau kembali.

Perlu diketahui, proyek pembangunan ring road sudah dimulai sekitar 15 tahum silam. Sedangkan Stadion Sang Naualuh terbengkalai puluhan. Sehingga sekitar 3 tahun yang lalu, pembenahan dimulai. Namun hasil pembangunan menimbulkan masalah hingga membuat DPRD kecewa.