Kunker Pertama di Sumut, Ketua SMSI Erris Napitupulu Ulosi Ketum PWI Hendry Bangun

By Redaksi - Monday, 06 November 2023
Ketua Umum PWI Pusat, Hendry Ch dan Ketua SMSI Sumut, Erris J Napitupulu di Kota Medan, Minggu, 4 November 2023. (Foto: Istimewa)
Ketua Umum PWI Pusat, Hendry Ch dan Ketua SMSI Sumut, Erris J Napitupulu di Kota Medan, Minggu, 4 November 2023. (Foto: Istimewa)

Medan - Sejak terpilih menjadi Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat di Kongres XXIV September 2023, untuk kali pertamanya Hendry Ch Bangun melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Sumatra Utara (Sumut). Kunjungan kerja itu berlangsung sejak 5-7 November 2023.

Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Sumut menyambut kehadiran Hendry Ch Bangun. Diketahui, pria kelahiran Kota Medan itu pernah menjabat sebagai anggota Dewan Pers RI 2019-2022.

Ketua SMSI Sumut, Erris J Napitupulu menjamu makan malam Ketum PWI Hendry CH Bangun dan istri di Restoran Miramar Jalan Pemuda Medan, pada Minggu, 4 November 2023.

Ia mengungkapkan, SMSI Sumut menaruh bangga kepada Hendry CH Bangun sebagai Dewan Penasihat SMSI Pusat, karena berkenan hadir di Sumut melaksanakan tugas pertama dalam kapasitasnya sebagai Ketum PWI.

"SMSI menyambut hangat kehadiran Pak Hendry Ch Bangun beserta istri di Sumut. SMSI bangga dengan Pak Hendry, yang juga Dewan Penasehat SMSI Pusat," kata Erris J Napitupulu.

Pada jamuan sekaligus silaturahmi tersebut, Erris mangulosi (memakaikan ulos) kepada Hendry Bangun dan istri. Selain itu, dia juga menyerahkan tas souvenir yang terbuat dari bahan ulos Batak, serta satu set tenun ulos sarung dan selendang tumtuman.

"Mohon berkenan menerimanya pak, ibu, ulos ini diberikan kepada tokoh teladan dan inspiratif, sebagai ungkapan harapan dan doa agar bapak amanah dan sukses melaksanakan tugas," ujar Erris.

Pada kesempatan itu, Erris turut didampingi oleh Bendahara SMSI Sumut Agus S Lubis, Ketua Bidang Organisasi dan Daerah Benny Pasaribu, Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan Agus Utama, Seksi Organisasi dan Daerah Irwan Manalu, serta Seksi Pendidikan dan Pelatihan Waliyono.

Meski kini menjadi Ketum PWI, namun Hendry Bangun tetap bagian dari keluarga besar SMSI. Apalagi selama ini hubungan baik antara SMSI Sumut dengan Hendry Bangun selama bertugas di Dewan Pers dalam kaitan verifikasi media siber, berlangsung baik dan sinergis.

Sementara itu, Ketum PWI Hendry Bangun merasa terharu dengan sambutan pengurus SMSI Sumut. Ia mengaku tidak menyangka disambut hangat dan penuh rasa kebersamaan.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa SMSI dan PWI adalah sama-sama konstituen Dewan Pers RI. Kemudian dari sejarah berdirinya SMSI, adalah sangat dekat, bahkan boleh disebut anak kandung PWI.

Oleh sebab itu, ia mengajak SMSI terus berkontribusi untuk kemajuan pers Tanah Air. "Tujuan kita sama, bagaimana agar pers Indonesia tampil berdaya saing, kompeten," tutur Hendry.

Dalam upaya itu, sambung dia, harus diawali dengan konsistensi menegakkan aturan di organisasi masing-masing. Tanpa komitmen itu, pers Tanah Air hanya akan terbelenggu dalam narasi retorika.

"Di PWI misalnya, mana yang tidak sesuai aturan namun pada praktiknya ada, tidak boleh dilanjutkan, namun kita kembalikan berjalan sesuai dengan pedoman, ketentuan, itulah PDRT PWI," katanya.

"Saya kira di SMSI juga sama, Pak Firdaus selalu Ketua Umum Pusat saya kenal konsisten di garis itu. Jadi kalau kita semua konsisten berjalan sesuai ketentuan masing-masing, saya pikir pers Tanah Air tumbuh positif dan berkontribusi nyata untuk pembangunan bangsa," ucap Hendry Ch Bangun menambahkan.[]