Komunitas Siantar Peduli Isoman Bantu Warga Terdampak Covid-19

By Redaksi - Thursday, 29 July 2021

Pematangsiantar - Dalam rangka membantu pasien Covid-19 yang sedang menjalani Isolasi Mandiri (Isoman), Komunitas Siantar Peduli Isoman yang ada di Kota Pematangsiantar akan menyalurkan bantuan berupa makanan, vitamin dan obat-obatan.

Gerakan ini sendiri diinisiasi Hexa Hutapea, Tigor Munthe, Roselina Sitepu dan Johan Lumbangaol. Komunitas ini bergerak bersama mahasiswa dari Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) karena merasa prihatin dengan orang yang sedang menjalani Isoman. Padahal tidak sedikit pasien ini dari ekonomi yang tak mampu.

"Kita ingin membantu karena kita tahu sendiri bahwa pasien yang sedang isoman tidak bisa keluar maupun beraktivitas sembarangan, bahkan untuk memenuhi makanannya juga kesulitan. Mereka tidak bisa membeli," ujarnya, Kamis (29/7/2021). 

Dalam menjalankan kegiatan sosial ini, Hexa Hutapea selaku koordinator kegiatan yang juga ketua GMNI, pun mengharap kepedulian masyarakat luas untuk memberikan donasinya. "Kita semacam penyalur bantuan kepada mereka yang sedang isoman," katanya.

Ia menambahkan bahwa donasi yang mereka kumpulan tidak berbentuk uang melainkan barang seperti telur, beras, buah, vitamin maupun obat-obatan. "Pada prinsipnya untuk sejauh ini kita tidak mengumpulkan uang," ujarnya.

Hexa sendiri tidak memungkiri adanya orang yang mau mendonasikan bantuan berbentuk uang dan jika itu terjadi maka dia bersama relawan lainnya akan berkoordinasi dengan pemberi donasi. Sehingga uang tersebut dapat dipergunakan membeli keperluan pasien yang menjalani isoman.

"Kalau ada yang mau membantu tapi tidak bisa dalam bentuk barang atau bahan, maka kita bisa menampung dalam bentuk uang tunai tetapi kita akan melaporkan kepada yang bersangkutan secara terperinci kemana saja dipakai. Kita juga akan publis di media sosial sehingga semua transparan," terangnya.

Sementara bahan makanan yang terkumpul dari para masyarakat akan dimasak oleh anggota GMNI di Jalan Sangnawaluh Nomor 93, Kelurahan Siopat Suhu, Kecamatan Siantar Timur. "Kita sangat berharap peran serta masyarakat luas," ujarnya.