Hujan dan Angin Kencang Datang, Bencana Alam Landa Siantar

By Redaksi - Sunday, 04 July 2021

Pematangsiantar, Kabarnas.com - Hujan deras disertai angin kencang melanda Kota Pematangsiantar, Sabtu (3/7/2021) sore hari. Beberapa ruas jalan tergenang air hingga seperti sungai mengalir dan pohon-pohon bertumbangan.

Pada saat air mengalir deras dengan ketinggian sekitar 30 centimeter, sejumlah kendaraan sepeda motor terseret. Ada beberapa orang nyaris terjatuh. Beruntung, warga yang mengetahui langsung menolong, sebagaimana yang terlihat di Jalan Viyata Yudha.

Sementara roda empat banyak yang terjebak air dan pohon tumbang. Beberapa kendaraan rusak tertimpa. Demikian dengan rumah, banyak yang rusak. Dimana atap terbawa angin dan ada juga yang tertimpa pepohonan.

Sesuai amatan di lapangan, kios-kios yang ada di Jalan Sudirman atau seputar Lapangan H Adam Malik, turut jadi korban. Pedagang dan pembeli nyaris menjadi korban. Beruntung mereka sudah waspada dan menghindar begitu mengetahui hujan datang disertai angin kencang.

Sedangkan di Jalan Sudirman, sejumlah bilblord berukuran besar bertumbangan. Para pengguna jalan nyaris tertimpa. "Tadi ngeri kali lihat angin dan hujannya. Untung tidak ada korban jiwa," kata Supardi, salah seorang warga yang melintas di Jalan Sudirman.

Banyak fasilitas umum rusak karena bencana alam ini. Bahkan banjir juga melanda kawasan permukiman warga, seperti yang terjadi di Lorong 7, Parluasan. Ketinggian mencapai satu meter dan warga terpaksa mengungsi.

Mengenai bencana ini, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pematangsiantar, Daniel Siregar bersama anggotanya sudah melakukan pertolongan, membantu warga dari musibah. Namun soal berapa total bangunan yang rusak akibat musibah ini masih dalam pendataan BPBD.