Diberikan Amanah Dampingi Ganjar Pranowo, Mahfud: Saya Bersedia Jadi Cawapres RI

By Redaksi - Wednesday, 18 October 2023
Pasangan Calon Presiden Ganjar Pranowo dan Calon Wakil Presiden Mahfud MD. (Foto:Istimewa)
Pasangan Calon Presiden Ganjar Pranowo dan Calon Wakil Presiden Mahfud MD. (Foto:Istimewa)

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menerima amanah dari Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Demikian disampaikan Mahfud usai Megawati mengumumkan dirinya sebagai bakal cawapres pendamping Ganjar untuk kontestasi mendatang.

"Saya menyatakan bersedia menjadi cawapres RI karena amanah yang sudah diberikan oleh Ibu Megawati tadi bersama para pimpinan partai," kata Mahfud di kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Rabu, 18 Oktober 2023.

Dalam pidatonya, ia menegaskan akan mendedikasikan diri bersama Ganjar, mulai dari ilmu, pengalaman, ketegasan, keteguhan sikap serta keberanian-keberanian yang selama ini dirinya usahakan untuk bangsa dan negara Indonesia.

"Saat ini saya menyatakan bersedia untuk ikut kontestasi. Bersama Mas Ganjar, saya akan mendedikasikan diri," ujar Mahfud.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menetapkan Mahfud MD sebagai pendamping bakal calon presiden Ganjar Pranowo. Keputusan dibuat setelah rapat bersama para ketua umum partai pendukung Ganjar.

Pengumuman itu disampaikan bersama para ketua umum parpol koalisi pendukung Ganjar, yakni Plt Ketua Umum DPP PPP Mardiono, Ketua Umum DPP Partai Hanura Oesman Sapta Odang, dan Ketua Umum Partai Perindo Hari Tanoesoedibjo.

Koalisi itu akan mendaftarkan pasangan bakal capres-cawapres Ganjar dan Mahfud ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kamis besok, 19 Oktober 2023, sekitar pukul 11.00 WIB.[]