Cegah Resesi, Kepala BI Siantar Ajak Kepala Daerah Kerja Tim

By Redaksi - Monday, 31 October 2022
Foto
Foto

Batubara - Resesi ekonomi secara global pada tahun 2023 dikuatirkan terjadi. Pemerintah Indonesia turut melakukan antisipasi. Salah satunya adalah mempercepat pemulihan ekonomi dari sektor pariwisata dan UMKM. Hal itu disampaikan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Pematangsiantar, Teuku Munandar, Sabtu (29/10/2022) di Mangrove Park Pantai Sejarah, Kabupaten Batubara.

Sebagai antisipasi, BI terus membangun komunikasi dengan pemerintah daerah dalam rangka melaksanakan event besar. Untuk KPw BI Pematangsiantar memiliki wilayah tugas di Pematangsiantar, Kabupaten Simalungun, Batubara, Tanjungbalai, Asahan, Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu Selatan (Sisi Batas Labuhan).

"Kami mengajak seluruh pemerintah daerah untuk bersinergi. Sebagaimana pesan Pak Presiden bahwa sekarang dunia sedang tidak baik-baik saja karena ada ancaman resesi, stagflasi dan lainnya. Oleh karena itu perlu bersinergi, baik di pusat maupun di daerah. Kita tidak bisa bekerja seperti biasa," terangnya.

Ditekankan, BI menggelar event besar seperti festival, bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dari semua sektor. Pada acara kali ini fokus pada sektor pariwisata dan UMKM. Namun untuk mencapai semu target itu butuh kerjasama secara tim sama seperti permainan sepak bola. Itu

"Kami berharap dengan event fashion show seperti ini produk lokal kita dipakai para model bukan hanya di daerah tetapi bisa ke berbagai negara," terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Kabiro Perekonomian Pemprov Sumut, Nasindo Sirait mengaku bahwa Pemprov Sumut sangat mendukung kegiatan BI dalam hal pengembangan pariwisata sekaligus pengembangan wastra seperti industri tenun, kain

"Kita akan mendukung penuh sehingga ini menjadi salah satu destinasi pariwisata lokal. Kami juga mendorong Pemkab Batubara menjadikan ini kawasan destinasi pariwisata strategis daerah. Seluruh fasilitas akan didukung ke depan sehingga kunjungan wisata meningkat dan perekonomian UMKM, pengrajin dan semuanya bergerak" terangnya.

Nasindo juga meminta dukungan dari semua perbankan dapat memberikan pembiayaan yang murah kepada pelaku UMKM. Pemerintah maupun masyarakat harus bekerjasama sehingga kemiskinan bisa berkurang seiring bertambahnya jumlah tenaga kerja.

"Kepada masyarakat kami minta agar jangan hanya menonton tetapi harus terlibat aktif serta menjaga kondisipitas keamanan sehingga orang yang berkunjung betah untuk datang kembali menikmati objek wisata pantai sejarah yang indah," ujarnya.

Senada diutarakan Wakil Bupati Batubara, Oky Iqbal. Perusahaan-perusahaan besar seperti PT Inallum, perkebunan juga harus berperan aktif. Dengan kerjasama semua elemen serta adanya sokongan dana dari perbankan kepada pengembangan UMKM, maka diyakini ekonomi masyarakat akan bertumbuh.

Kategori