W20 Digelar di Parapat, BI Sajikan Pameran Produk UMKM

By Redaksi - Saturday, 16 July 2022

Simalungun - Dalam rangka mendukung perhelatan Women 20 (W20) Summit yang akan dilaksanakan di Danau Toba Parapat pada 19-21 Juli 2022, Bank Indonesia (Prov Sumut, Pematangsiantar, dan Sibolga) beserta Badan Pelaksana Otoritas Danau Toba (BPODT) dan 8 Pemkab dan Pemko di Sumatera Utara menggelar event W20 Progresif Danau Toba 2022.

Acara pembukaan berlangsung di Ruang Terbuka Publik (RTP) Pantai Bebas (15/7) yang dihadiri oleh Warsono - Deputi Direktur KPwBI Prov Sumut, Abdul Haris - Asisten Direktur KPwBI Pematangsiantar, Wahyu Dito GI - Dir Pemasaran BPODT dan dibuka secara langsung oleh Leo L Haloho - Kepala Dinas Perindag Kabupaten Simalungun.

Hadir juga perwakilan UMKM dari masing-masing Kabupaten dan undangan lainnya untuk mempromosikan produknya termasuk para pelaku UMKM binaan KPw BI Pematangsiantar.

Kegiatan ini diharapkan menjadi ruang bagi pelaku ekonomi kreatif, khususnya UMKM untuk dapat mempromosikan berbagai karya kreatif yang dihasilkan oleh pelaku usaha di kawasan Danau Toba. Lewat W20 ini bisa mendorong dan mempromosikan Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan program Berwisata di Indonesia Aja.

Deputi Direktur KPw BI Provinsi Sumatera Utara, Warsono menjelaskan bahwa peran UMKM dan Ekonomi Kreatif untuk menumbuhkan perekonomian Indonesia memiliki peranan penting dan strategis. Hal itu dapat dilihat bahwa sebanyak 99% dari pelaku usaha di Indonesia merupakan
UMKM, dengan penyerapan tenaga kerja hingga mencapai 97%, dan berkontribusi
62% terhadap PDB Nasional.

Melihat kondisi strategis tersebut, tentunya pelaku usaha di sektor UMKM dapat menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi nasional.
Oleh karena itu, Deputi BI Provinsi Sumut turut berbangga atas banyak pelaku ekonomi kreatif yang melahirkan berbagai karya dari ide dan gagasannya.

Lahirnya karya-karya kreatif tersebut tentunya sejalan dengan peningkatan kesetaraan gender, yang mendorong kaum wanita semakin aktif dan kreatif dalam menjalankan usaha, sehingga turut mendorong peningkatan daya saing UMKM dan mampu bersaing tidak hanya di ranah lokal namun juga di tingkat global.

Dengan UMKM yang semakin kreatif tentunya akan mendorong tumbuhnya transaksi keuangan dan penciptaan lapangan kerja yang baru, yang memberikan dampak secara langsung pada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat khususnya kaum perempuan kreatif.

Pada acara dimaksud juga dilaksanakan penyerahan bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) kepada kelompok Bank Sampah Simpatik, Sait Buttu, Kabupaten Simalungun berupa 1 kendaraan roda 3 (VIAR) sebagai alat angkut sampah.

Kemudian bantuan ke Kantor Camat Girsang Simpangan Bolon berupa 23 tempat sampah (mobile) & Konsep Pemetaan Spot Strategis Wisata di Danau Toba.

Adapun acara yang akan digelar hingga tanggal 24 Juli ini antara lain, pameran produk UMKM dari 8 Kabupaten di Sumatera Utara, talkshow dan Sosialiasi BI, layanan Penukaran Uang (20-22 Juli 2022).

Kemudian ada atraksi Seni Budaya dari berbagai daerah, pemutaran Film Seri "Anak Danau 1&2", Sumut Carnaval Art, pembagian Bibit Pohon dan sajian musik band lokal.

Sebagimana diketahui, pada tahun 2022 ini, Indonesia menjadi tuan rumah KTT G20. Adapun negara yang tergabung dalam G20 adalah Uni Eropa, Amerika Serikat, Jerman, Afrika Selatan, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Perancis, Tiongkok dan Turki.

Topik utama yang akan dibahas hingga tanggal 24 Juli 2022 yang akan datang ini adalah kesetaraan gender sehingga keterlibatan perempuan dalam pertumbuhan ekonomi internasional khususnya dalam UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).

Kategori