Usai Rekrutmen, Bacaleg Nasdem Siantar Bakal Disurvei

By Redaksi - Sunday, 23 October 2022

Pematangsiantar - Pendaftaran Bacaleg Nasdem Kota Pematangsiantar yang telah dibuka sejak 1 Oktober akan berlangsung hingga 31 Desember 2022. Sejauh ini jumlah yang sudah mendaftar lebih dari 18 orang. Jumlah yang akan diterima lebih dari 200 persen jumlah kursi DPRD.

Ketua DPD Partai Nasdem Kota Pematangsiantar, Frans Herbert Siahaan didampingi Sekretaris, Fernando Sitorus mengatakan, rekrutmen Bacaleg yang mendaftarkan diri ada dari partai dan ada di luar partai.

Bagi Bacaleg yang bukan kader pastinya akan menjadi anggota partai, dimana prosesnya didahului lewat pendidikan kader sehingga kelak memahami visi dan misi partai.

Usai pendaftaran ini, DPD Partai Nasdem Kota Pematangsiantar akan mempresentasikan kelengkapan data administrasi Bacaleg kepada DPW Partai Nasdem Provinsi Sumatera Utara. Tahapan ini dilaksanakan Januari 2023.

Jika data administrasi dinyatakan lengkap atau memenuhi syarat, pada bulan Februari hingga Maret 2023 maka setiap Bacaleg akan dibawa ke DPW Partai Nasdem Provinsi Sumut dalam rangka wawancara dan psikotes.

"Proses tidak sampai di situ. Nanti ada yang akan mensurvei Bacaleg tersebut, yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Bacaleg yang bersangkutan diterima masyarakat," kata Fernando Sitorus, Sabtu (22/10/2022) di Jalan Pattimura, Kecamatan Siantar Timur.

Frans Herbert Siahaan dan Fernando Sitorus menegaskan, tim survei berasal dari DPP Partai Nasdem dan DPD Partai Nasdem Kota Pematangsiantar sendiri tidak mengetahui siapa saja orang yang akan melakukan survei.

"Kita saja yang merupakan Ketua dan Sekretaris DPD Partai Nasdem Kota Pematangsiantar ikut disurvei oleh DPP. Artinya, pengurus pusat ingin memastikan bahwa kandidat Caleg adalah orang yang dapat memperjuangkan aspirasi masyarakat," kata Frans Herbert Siahaan.

Ditegaskan, rekrutmen Bacaleg di Partai Nasdem tentu harus memenuhi syarat. Namun dipastikan tidak ada perbedaan antara Bacaleg non partai dengan pengurus partai itu sendiri.

"Semuanya sama untuk menjadi kekuatan memenangkan perjuangan kita agar menang di Sumut. Kita punya slogan Sumut juara. Tentu kita punya strategi untuk menang," kata Frans Herbert Siahaan dengan menegaskan bahwa target kursi sebanyak 6 anggota DPRD.

"Rekrutmen ini sekaligus bersinggungan dengan bagaimana kita bisa menang pada Pilkada 2024. Artinya kita harus mendapat 6 kursi agar bisa dengan partai tunggal mencalonkan Wali Kota dan Wakil Walikota," terangnya.

Kategori