Stick Brush Bekas Dipakai Mengambil Sampel Rapid Antigen di Bandara

By Redaksi - Thursday, 29 April 2021

Deli Serdang, Kabarnas.com - Dugaan penggunaan stick brush bekas untuk mengambil sampel rapid antigen yang diungkap Krimsus Polda Sumut di Bandara Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumut, Rabu (28/4/2021).

Polisi awalnya menyamar sebagai calon penumpang dan sesuai ketentuan penerbangan di tengah pandemi Covid-19, polisi mengikuti pemeriksaan rapid antigen dan setelah tiba diperiksa sekitar 10 menit kemudian, petugas mendapati hasilnya positif Covid.

Mengetahui hasil itu, polisi yang menyamar tersebut sempat berdebat lama dengan petugas di ruangan, lalu memeriksa semua isi laboratorium. Terungkap fakta, ratusan alat yang di pakai untuk rapid antigen untuk pengambilan sampel bekas dan telah di daur ulang.

Petugas lab yang diinterogasi mengakui jika alat pengambilan sampel adalah bekas. Alat yang digunakan untuk pengambilan sampel yang di masukkan ke dalam hidung setelah di gunakan, dicuci dan dibersihkan kembali dimasukkan ke dalam bungkus kemasan untuk di gunakan dan di pakai untuk pemeriksaan orang berikutnya.

Beranjak dari temuan itu, polisi membawa para petugas kimia farma berikut barang bukti guna pemeriksaan lebih lanjut. Barang bukti yang disita adalah 2 unit komputer, mesin printer, uang, ratusan alat stick brush bekas yang sudah dicuci bersih dan telah dimasukkan ke dalam kemasan dan ratusan alat pengambil sampel rapid antigen yang masih belum digunakan.

Sejumlah orang yang ditangkap sudah menjalani pemeriksaan untuk mengungkap peran dari masing-masing mereka dan motif utama dari tindakan fatal tersebut. Namun sejauh ini belum ada yang ditetapkan tersangka.

"Kita masih mendalami perkara ini guna mengetahui peran para petugas," kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi.



Kategori