Pelajar Siantar dari Keluarga Miskin Terima Beasiswa

By Redaksi - Saturday, 27 March 2021
Terima bantuan
Terima bantuan

Pematangsiantar, Kabarnas.com - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menyerahkan bantuan beasiswa kepada siswa-siswi SD, SLTP, dan SLTA kurang mampu di Kota Pematangsiantar, Jumat (26/3/2021) di Jalan Maluku.

Dengan bantuan itu, Asisten II Zainal Siahaan atas nama Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih. Program ini menjadi salah satu cara yang efektif untuk meringankan biaya orangtua dalam menyekolahkan anaknya dan dapat memotivasi anak untuk lebih semangat dalam belajar.

"Kepada adik-adik siswa-siswi penerima beasiswa ini, pesan saya agar bantuan ini dapat benar-benar dimanfaatkan sebaik-baiknya dan digunakan untuk kebutuhan sekolah. Disertai harapan agar adik-adik lebih gigih lagi dalam belajar," terangnya.

Sementara itu, Wakil Ketua BAZNAS Provinsi Sumut Haris Fadillah menerangkan, bantuan pendidikan tersebut merupakan salah satu program BAZNAS Provinsi Sumut. "Bantuan ini berasal dari zakat dan infaq para ASN Provinsi Sumatera Utara, juga para dermawan, serta Bank Sumut. Bantuan ini kami distribusikan kepada 33 kabupaten/kota di Sumatera Utara," jelasnya.

Sedangkan Ketua BAZNAS Kota Pematangsiantar Marham, mengatakan, sebagai lembaga pengelola zakat, BAZNAS Kota Pematangsiantar selalu berusaha menerapkan konsep profesional, amanah, transparan, dan akuntabel ke dalam Standar Operasional dan Prosedur (SOP) lembaga pengelola zakat.

Dijelaskannya, total penerima bantuan 55 orang, terdiri dari 31 orang murid SD menerima beasiswa. Masing-masing memeroleh uang Rp150 ribu dan tas sekolah. Sedangkan siswa SMP sebanyak 13 orang, yang setiap orang menerima beasiswa Rp500 ribu. Sementara untuk siswa SMA ada 11 orang. Mereka masing-masing menerima beasiswa Rp1 juta.

Diharapkan, kata Marham, beasiswa BAZNAS bisa meringankan kondisi finansial keluarga dan membuat siswa-siswi semakin semangat menuntut ilmu.