PAN Bakal Buka Pendaftaran Calon Wakil Walikota Siantar

By Redaksi - Saturday, 03 September 2022

Pematangsiantar - Ketua PAN Pematangsiantar yang sekaligus Wali Kota Pematangsiantar, dr Susanti Dewayani belum memberikan keterangan terkait kekosongan Wakil Wali Kota Pematangsiantar.

Sementara Boy Iskandar Warongan, selaku Sekretaris PAN Pematangsiantar mengaku bahwa pihaknya belum menentukan nama yang akan diusung partainya sedang menyusun panitia pendaftaran calon wakil wali kota.

"Untuk PAN kita sedang persiapan pembentukan panitia pendaftaran calon wakil walikota, akan kita infokan ke publik apabila sudah dibuka pendaftarannya, terima kasih," kata Boy Iskandar ketika dikonfirmasi, Jumat (2/9/2022).

Boy mengatakan bahwa proses pendaftaran calon wakil walikota diperkirakan bisa dibuka sekitar dua minggu lagi. Pendaftaran terbuka untuk umum, dan tiap nama yang masuk akan dikirimkan ke pengurus PAN Provinsi Sumut kemudian ke DPP PAN.

Sementara mengenai dukungan PAN terkait pencalonan anak dari Almarhum Asner Silalahi, yaitu Sondi Silalahi, apakah akan diprioritaskan, Boy Iskandar Warongan mengaku bahwa keputusan itu tergantung oleh DPP PAN.

Sebagaimana diketahui, pada Pilkada 2020, dr Susanti Dewayani merupakan calon wakil wali kota yang berpasangan dengan Asner Silalahi. Pemilik jargon PASTI (Pasangan Asner - Susanti) tersebut merupakan paslon tunggal.

Pasangan ini mendapatkan suara sekitar 877 ribu. Namun pada tanggal 14 Januari 2021, Asner Silalahi meninggal dunia di Rumah Sakit Columbia Asia Medan. Terkait itu, dr Susanti Dewayani secara otomatis diangkat menjadi Wali Kota Pematangsiantar dan sejauh ini wakil walikota masih kosong.

Kategori