Lewat Program Donasi, Badan Usaha Berkontribusi Dukung JKN

By Redaksi - Wednesday, 12 April 2023

Pematang Siantar – Dalam rangka meningkatkan kesadaran badan usaha di wilayah BPJS Kesehatan Cabang Pematang Siantar untuk mengikuti Program Donasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan Kantor Cabang Pematang Siantar mengadakan kegiatan Sosialisasi dan Pembinaan Kemitraan Badan Usaha, Rabu (05/04).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pematang Siantar Kiki Christmar Marbun mengatakan bahwa kegiatan tersebut diharapkan mampu mendorong badan usaha di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Pematang Siantar yang meliputi wilayah Kota Pematang Siantar, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Toba, dan Kabupaten Samosir dapat memahami dan ikut berpartisipasi untuk menyukseskan Program Donasi JKN. 

Badan usaha yang bersedia untuk bergabung dalam Program Donasi JKN akan difasilitasi oleh BPJS Kesehatan untuk informasi data peserta JKN yang dapat diberikan donasi, badan usaha juga dapat menentukan jangka waktu donasi.

“Program Donasi JKN ini adalah salah satu program unggulan kami, karena melalui program ini badan usaha dapat berkontribusi terhadap lingkungan sekitarnya dengan membantu membiayai kepesertaan JKN masyarakat sekitar. Badan usaha dapat menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR) atau dari dana pribadi yang dimiliki badan usaha untuk kemudian digunakan untuk membayarkan iuran melalui nomor Virtual Account peserta JKN yang dijadikan tujuan donasi,” jelas Kiki.

Kiki turut menyampaikan bahwa seiring dengan pertumbuhan jumlah peserta, pihaknya terus berupaya meningkatkan mutu dan kualitas layanan JKN. Beragam inovasi dikembangkan untuk memberikan kemudahan akses bagi peserta JKN baik dari segi administrasi kepesertaan hingga layanan kesehatan. 

Ia menyampaikan inovasi yang dikembangkan bukan hanya pelayanan yang berada di rumah sakit, namun inovasi yang dihadirkan dapat diakses peserta dalam mengakses layanan administrasi kepesertaan Program JKN, salah satunya melalui Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA), Chat Assisstant JKN (CHIKA), Voice Interractive JKN (JKN), Aplikasi Mobile JKN hingga BPJS Kesehatan Care Center 165.

Pada kegiatan yang sama, salah satu perwakilan dari Pabrik Kelapa Sawit Sei Mangkei, Anthoni menyampaikan bahwa Program Donasi JKN merupakan bentuk implementasi dari sistem gotong royong yang diterapkan BPJS Kesehatan dalam menyelenggarakan Program JKN. Pihaknya turut mendukung Program Donasi JKN tersebut, karena masih banyak terdapat masyarakat tidak mampu yang membutuhkan bantuan.

"Kami mendorong badan usaha yang sudah bekerja sama untuk memberikan bantuan iuran melalui Program Corporate Social Responsibility kepada warga kurang mampu di sekitarnya dengan harapan semua masyarakat segera memperoleh perlindungan jaminan sosial kesehatan," kata Anthoni.

Pada kesempatan yang sama, perwakilan dari PT Kinra, Miswarinda menyampaikan bahwa banyak manfaat yang diperoleh dari program donasi tersebut, baik bagi badan usaha yang melakukan donasi maupun masyarakat yang menerimanya. 

Miswarinda berharap, Program Donasi JKN dapat diikuti lebih banyak badan usaha, lembaga ataupun perorangan, karena dirinya menganggap program ini sangat tepat sasaran untuk berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan.

Menurutnya program itu sangat berdampak baik untuk semua yang terlibat. Hal ini memberikan nilai positif, khususnya untuk masyarakat yang menerima donasi. Ia berharap bantuan ini bermanfaat bagi penerima donasi dan seterusnya kami pihak klinik akan menyisihkan dana amal kami untuk membantu warga sekitar melalui Program Donasi JKN.

"Semoga kedepannya bisa menambah lagi donasinya dan bukan hanya menggugurkan kewajiban saja tetapi mampu memberikan manfaat bagi penerima donasi. Bagi kami selaku badan usaha, Donasi JKN ini bisa menjadi salah satu cara kami untuk menyalurkan dana CSR kami. Bagi peserta JKN pun, manfaat yang diterima akan sangat terasa karena kami secara tidak langsung membantu meringankan beban masyarakat di sekitar kami dalam hal pembiayaan kepesertaan JKN,” ujar Miswarinda.

Kategori