Jawab Isu Keluar dari PDIP, Jokowi: Kita Masuk Keluarga PAN

By Redaksi - Tuesday, 12 December 2023
Presiden Joko Widodo atau Jokowi. (Foto: Istimewa)
Presiden Joko Widodo atau Jokowi. (Foto: Istimewa)

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengungkapkan bahwa Partai Amanat Nasional (PAN) adalah keluarga.

Hal itu disampaikan merespons pernyataan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan alias Zulhas yang menyebut statusnya saat ini adalah kader PAN.

"Ini partai PAN ini kan masuk koalisi pemerintah. Jadi, PAN itu masuk ke keluarga kita," kata Jokowi di Stasiun Pompa Ancol Sentiong, Jakarta, Senin, 11 Desember 2023.

Pada kesempatan itu, Jokowi hanya membahas terkait hubungan kekeluargaan dengan PAN. "Kalau kita jadi keluarga PAN, ya sama saja kan? PAN masuk keluarga kita, kita masuk keluarga PAN," ucap Jokowi.

Sebelumnya, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) menuturkan bahwa Presiden Jokowi sudah berpindah partai. Zulhas mengatakan, sekarang ini Jokowi sudah menjadi kader PAN.

"Sekarang Pak Jokowi itu partainya PAN. Sudah enggak yang lama, ribut terus," kata Zulhas di Manggarai Barat, Sabtu lalu, 9 Desember 2023 seperti mengutip catatan detik.com.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa PAN adalah partai yang riang gembira, tidak seperti partai lain yang suka marah. Ia menegaskan bahwa PAN tidak seperti itu.

Menanggapi itu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto hanya memberikan sedikit pernyataan.

"Ya nanti Pak Zul akan menunjukkan KTA-nya," kata Hasto di Serang, Banten, Minggu, 10 Desember 2023.[]