Hindari Kesalahan Penggunaan Dana Desa, Unit Tipidkor Simalungun Koordinasi dengan Kades

By Redaksi - Monday, 10 June 2024
Unit Tipidkor Simalungun gelar sosialisasi kepada para pangulu di Kecamatan Tanah Jawa soal penggunaan dana desa
Unit Tipidkor Simalungun gelar sosialisasi kepada para pangulu di Kecamatan Tanah Jawa soal penggunaan dana desa

Simalungun - Unit Tipidkor Polres Simalungun mensosialisasikan penguatan pengawasan penggunaan dana desa tahun anggaran 2024 di Nagori Muara Mulia, Kecamatan Tanah Jawa Kabupaten Simalungun, (10/6/24).

Kegiatan ini dihadiri Camat Tanah Jawa, Kepala Desa (Pangulu) Nagori Muara Mulia, Bosar Galugur, Bayu Bagasan, Panambean Marjanji dan Tanjung Pasir serta sekretaris desa, perangkat desa dan pendamping teknik desa.

Unit Tipidkor Polres Simalungun Bripka Budi Harahap menyebutkan, dalam menggunakan dana desa tentu sangat perlu koordinasi untuk menghindari kesalahan atau pelanggaran hukum.

Sementara Pangulu Nagori Muara Mulia Ramses Simajuntak mengatakan, sosialisasi ini terlaksana berkat program nagori yang sudah menyampaikan kepada unit Tipidkor Polres Simalungun.

"Dalam pengelolaan dan pemanfaatan dana desa, sangat diperlukan partisipasi aktif dari masyarakat baik dari sisi perencanaan, implementasi, hingga tahapan evaluasi," ujarnya.

Namun, kata Ramses, banyak fakta menunjukkan partisipasi masyarakat terkait pengelolaan dan pemanfaatan dana desa, masih sangat minim. Untuk masyarakat diharapkan berperan aktif dikemudian hari.

"Semoga sosialisasi yang dilaksanakan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat, pangulu, sekretaris desa, perangkat nagori serta maujana nagori," ucapnya.

Kesempatan yang sama Pangulu Nagori Panambean Marjanji Hendri Siahaan berharap agar para perangkat nagori tidak lupa mendaftar dan memeriksa warganya yang menerima bantuan sosial dari dana desa. (Nimrod)