Hasto Kristiyanto: Ganjar Dikenal dengan Komitmennya yang Pro Kesejahteraan Rakyat

By Redaksi - Monday, 21 August 2023
Bakal calon presiden, Ganjar Pranowo. (Foto:Istimewa)
Bakal calon presiden, Ganjar Pranowo. (Foto:Istimewa)

Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengungkapkan, daya terima rakyat sangat besar kepada bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo.

Hal itu terlihat berdasarkan hasil survei Litbang Kompas yang menunjukkan elektabilitas Ganjar Pranowo mencapai 31,8 persen; disusul Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebesar 27,8 persen, dan mantan gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebanyak 15,6 persen.

"Selisih keunggulan Ganjar 4 persen lebih tinggi dari Prabowo. Ini menunjukkan daya terima rakyat yang begitu besar terhadap Ganjar Pranowo seiring dengan tingkat dikenal yang makin luas," kata Hasto seperti mengutip keterangannya di Jakarta, Senin, 21 Agustus 2023.

Oleh karena itu, lanjutnya, PDI Perjuangan optimistis terhadap gerak bangkit kembali (rebound) elektoral Ganjar Pranowo.

Selain itu, sambung Hasto, dalam kajian internal melalui diskusi kelompok terfokus (FGD), rakyat sudah melihat adanya perbedaan karakter antara Ganjar Pranowo dan bakal capres lainnya.

Menurutnya, doktrin penggalangan "Ganjar untuk Semua" dan pentingnya kesinambungan dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi membuat program "Gerak Cepat Indonesia Maju" semakin dikenal.

Kemudian, keberhasilan Ganjar sebagai gubernur Jawa Tengah dalam mengentaskan 1 juta orang miskin, program beli tanah dapat rumah, serta karakter kepemimpinan yang merakyat dengan gemar blusukan dan tinggal di rumah warga menjadi poin kuat dari kepemimpinan Ganjar.

"Jadi, Ganjar dikenal dengan komitmennya yang pro-kesejahteraan rakyat. Karena itulah, Ganjar dipersepsikan paling kuat sebagai sosok yang melanjutkan kepemimpinan Jokowi," ujarnya.

Dia menjelaskan, dengan kenaikan elektoral tersebut, kerja sama antara PDI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Perindo, dan Partai Hanura bersama dengan seluruh elemen relawan akan semakin ditingkatkan.

"Apa yang sudah dilakukan oleh anggota dan kader PDI Perjuangan dengan seluruh kepala daerah dan anggota legislatif dengan menempel stiker Ganjar Pranowo di pintu-pintu rakyat akan semakin intens dilakukan," tuturnya.

Dia pun melihat antusiasme rakyat terhadap kepemimpinan Ganjar Pranowo akan semakin meningkat setelah Ganjar menyelesaikan tanggung jawabnya sebagai kepala daerah yang masa jabatannya berakhir pada tanggal 5 September 2023.

"Setelah itu, Ganjar Pranowo dengan stamina tinggi akan semakin masif bergerak. Di sinilah rekam jejak, karakter, daya juang, dan visi masa depan Ganjar Pranowo akan menjadi kunci dalam kontestasi Pilpres (2024)," ucap Hasto.