Harga Daging Ayam dan Cabe Mahal, Diprediksi Naik Lagi

By Redaksi - Thursday, 24 December 2020

Pematangsiantar, Kabarnas.com - Kondisi harga komoditas kebutuhan pokok di Pasar Horas dan Dwikora Kota Pematangsiantar terus mengalami kenaikan yang cukup tinggi khususnya untuk daging ayam dan cabe.

Untuk harga daging ayam potong saat ini sudah mencapai Rp 36 ribu/kg. Sedangkan seminggu yang lalu masih seharga Rp 28 ribu/kg. Pedagang mengaku bahwa kenaikan dipengaruhi stok yang sangat terbatas.

Suparmin (45) pedagang ayam di lantai l gedung lll mengaku bahwa selama ini dirinya masih bisa mengandalkan produksi ayam dari Kabupaten Simalungun. Namun sekarang terpaksa diambil dari Kota Binjai. Tentu akan menambah ongkos produksi.

Ia sendiri memprediksi kenaikan ini akan terus terjadi walau jumlah pembeli tidak begitu banyak dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya. "Syukurnya sekarang ini pembeli ikan laut sebagian membeli ayam karena cuaca di laut tidak baik yang berpengaruh terhadap pasokan," ucapnya, Kamis (24/12/2020).

Sementara itu, harga cabe merah kategori eceran yang sebelumnya bekisar Rp 48 ribu/kg, kini mencapai Rp 52 ribu/kg. Kenaikan tersebut, dimulai dari tanggal 19 Desember. Tak hanya itu, di tanggal 20 ke 21 Desember sempat naik mencapai Rp 58 ribu.

"Naiknya drastis karena banyaknya tingkat kebutuhan. Kemudian juga banyak permintaan konsumen yang membeli cabe dan di sisi lain hasil produksi pertanian semakin berkurang akibat musim hujan," kata Sonta.

Kenaikan pun dipengaruhi produksi dari petani tidak banyak, seperti pengalaman petani di daerah Tanah Jawa dan Hatonduan Kabupaten Simalungun banyak gagal panen.

Kategori