Dihadiri Ribuan Jemaat, Pesta HUT ke 115 dan Tahun Kesehatian HKBP Pematangsianțar Digelar Meriah

By Redaksi - Monday, 31 October 2022

Pematangsiantar - Pesta Ulang Tahun ke 115 dan Pesta Tahun Kesehatian HKBP Pematangsianțar digelar cukup meriah yang dihadiri ribuan jemaat, Minggu (30/10/2022) di halaman gedung gereja, Jalan Gereja, Kelurahan Kristen, Kecamatan Siantar Selatan.

Acara ini mengangkat tema "Nasa uli basa ronsian Debata, Ipe Ibana puji ma huhut haposi da". Sub Tema "Marhite pesta gotilon, ulang tahun dohot tahun kesehatan ni hurianta, tangkas ma hasadaon, panandaon dohot panghamauliateonta di Debata Ama, Anak dohot Tondi parbadian".

Pdt Hotman Panjaitan dalam kotbahnya yang diambil dari Yesaya1:16-29, mengajak seluruh jemaat HKBP Pematangsianțar untuk melakukan reformasi diri, memberikan perubahan demi kemajuan rohani dan kemajuan HKBP itu sendiri.

Ia mendorong seluruh umat Tuhan melanjutkan cita-cita reformasi yang dibawa Martin Luther dan sebagaimana juga pesan dari Yesaya. Sehingga dikemudian hari tidak ada lagi jemaat yang datang beribadah tanpa mendapatkan berkat rohani dari doa dan nyanyian pujian.

Selaku ketua panitia, St Ester Tambunan menyampaikan rasa terimakasihnya kepada penasehat, penatua gereja, sintua serta panitia dari masing-masing sektor atas dukungan penuh yang dirasakan dalam mensukseskan acara ini.

Ucapan yang sama disampaikan kepada seluruh jemaat karena kesehatian dan kebersamaan 23 sektor atau sekitar 1.400 kepala keluarga menjadi kunci kelancaran dari semua kegiatan ada. "Kalau bukan kesehatian jemaat tidak mungkin acara ini bisa terlaksana dengan baik," tuturnya.

TH Damanik, mewakili jemaat juga mengaku bangga atas semangat dari semua panitia. Ia pun tidak menyangka pesta ini bisa terlaksana dengan memuaskan setelah situasi Covid-19 menghambat berbagai aktivitas masyarakat.

Sementara Astronod Nainggolan mewakili undangan dari Anggota DPRD Kota Pematangsiantar, mengapresiasi atas kesehatian keluarga besar HKBP Pematangsianțar menggelar pesta ulang tahun ke 115 itu.

"Memang kita harus sepikir dan sehati dalam iman, di dalam Tuhan Yesus Kristus, meskipun berbeda gereja, suku dan marga kita. Sehingga membawa kemajuan dalam semua aspek kehidupan," ucapnya.

Terkait usia HKBP Pematangsianțar yang sudah 115 tahun, politisi PDI Perjuangan ini tak lupa berpesan agar kedewasaan rohani jemaat terus bertambah -tambah sehingga menjadi orang Kristen yang unggul di tengah masyarakat dalam hal membawa damai dan kasih.

"Saya pun hadir di sini sebagai bentuk tanggung jawab saya sebagai anggota DPRD yang dipilih sebagian dari jemaat HKBP Pematangsianțar. Dan ini bentuk kasih," terangnya sembari meminta kepada pendeta di gereja tersebut agar senantiasa tidak bosan memberikan nasehat dan kritik untuk mengarahkannya dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat.

Adapun acara ini diawali dengan ibadah raya, makan bersama sembari lelang makanan dan buah, tortor serta undian berhadiah.

Pada kesempatan itu juga dipaparkan tentang revitalisasi bangunan rumah dinas pendeta dan gedung gereja, dimana bangunan itu butuh dana dari jemaat.

Kategori