Ephorus HKBP Resmikan Gedung Rusunawa UHKBPNP

Budaya

by Patiar Manurung

Ephorus HKBP Resmikan Gedung Rusunawa UHKBPNP

Pematangsiantar, Kabarnas.com - Ephorus HKBP Pdt Dr. Darwin Lumbantobing meresmikan gedung rumah susun sewa (Rusunawa) di lingkungan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Sabtu 31 Oktober 2020. Gedung Rusunawa itu bantuan dari Kementerian PUPR.

Ketua Umum Panitia Viktor Silaen dalam laporannya mengatakan bahwa gedung Rusunawa merupakan inisiasi pihak Rektorat UHKBPNP dengan Anton Sihombing saat menjabat sebagai anggota DPR-RI. 

Sedangkan bangunan Taman dan Patung IL Nommensen kata Viktor bantuan dari Pemprovsu. Akan tetapi, karena kesibukan waktu dari Pemprovsu, peresmiannya belum bisa bersamaan. Ia berharap bantuan tersebut dapat digunakan menunjang proses belajar mengajar dan dapat berkompetisi dengan universitas lainnya, khususnya cita-cita Inger Ludwig (I.L) Nommensen, memberikan pendidikan khususnya bagi orang batak.

“Wajar kita menyampaikan terimakasih kepada Presiden melalui PUPR, pak Anton Sihombing, begitu juga dengan Pemprovsu yang membangun Taman dan Patung, dan pihak-pihak lain yang ikut berpartisipasi,” ujarnya.

Ketua Yayasan UHN Nurdin Tampubolon juga tak lupa menyampaikan terimakasih kepada Kementerian PUPR dan Pemprovsu. Nurdin dalam virtual berharap dukungan fasilitas itu dapat dijadikan meningkatkan pembelajaran dan akreditasi. Kepada Rektor UHKBPNP, Nurdin meminta segera mengiplementasikan IT menuju universitas enterprenur.

Nurdin menjelaskan, universitas di era industry 4.0 dituntut meningkatkan daya saing, di mana daya saing itu tidak datang dengan sendirinya. Tatkala sistim sudah dibangun , selanjutnya yang harus dilakukan adalah implementasi. “Sebagi ketua yayasan, saya menyampaikan selamat menggunakan, selamat memelihara. Saya yakin, Rusunawa, Taman dan Patung Nommensen akan mendukung proses belajar-mengajar,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Pelaksana LLDIKTI Sumut, Mahriyuni mengatakan, Kemendikbud melalui LLDIKTI wilayah I Sumut mengapresiasi pembangunan gedung Rusunawa, Taman dan Patung Nommensen. Ketersediaan fasilitas itu menjukkan komitmen Yayasan, penyelenggara pendidikan untuk memfasilitasi kebutuhan mahasiswa untuk berkordinasi, berdiskusi antar mahasiswa dalam ruangan. 

Dijelaskannya, ketersediaan fasilitas sarana prasarana merupakan salah satu instrumen akreditasi menuju kampus bermutu. “Ini (sarana prasarana) sudah menunjukkan proses menuju kampus yang bermutu. Ini menunjukkan komitmen. Saya melihat ada kemajuan meski UHKBPNP masih muda,”

Apresiasi juga disampaikan oleh ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing. Dalam bimbingan pastoralnya, ephorus menyatakan pembangunan yang ada di UHKBPNP tidak datang begitu saja, tapi ada berkat, pertolongan Tuhan yang diterima melalui tangan-tangan, pikiran orang-orang kepada UHKBPNP. “Tanpa bantuan semua pihak, tidak mungkin terjadi hal yang seperti ini. Terimakasih kepada mereka semua,” pungkasnya.

Selain Ephorus didampingi opung boru, tampak hadir Sekjen HKBP dan para Kadep, para pimpinan lembaga Theologia, serta para Kepala Biro HKBP.

Hadir juga dalam acara itu, mewakili Kementerian PUPR, pengurus Yayasan UHN, Pemko Pematangsiantar, DPRD Pematangsiantar, Lingkungan Hidup, Polres Pematangsiantar, Kejaksaan Pematangsiantar, Asner Silalahi dan Radiapoh Hasiholan Sinaga (RHS). (*)