Dihadiri Para Guru, Natal Disdik Siantar Digelar Meriah

By Redaksi - Tuesday, 10 January 2023

Pematangsiantar - Dinas Pendidikan (Disdik) Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar menggelar natal yang melibatkan para guru, baik dari sekolah negeri maupun swasta, Jumat (6/1/2023) di HKBP Resort Siantar Kota Jalan Sangnaualuh.

Acara  diawali dengan kata  sambutan dilanjutkan dengan penyalaan lilin natal. Kemudian kebaktian yang diisi dengan persembahan koor dari SD, SMP Negeri 3 dan Keluarga Besar Dinas Pendidikan dan diakhiri dengan hiburan.

Pdt Dr Rospita Siahaan dalam kotbahnya mengatakan tang diangkat dari nats Alkitab Lukas 2:14 mengatakan dalam peristiwa natal Tuhan mengingatkan kita bahwa Tuhan pasti memberikan yang termanis dan terbaik bagi manusia.

Mengapa natal harus dirayakan setiap Tahun ? Jawabannya karena kita mau merayakan cinta kasih Allah kepada kita dan kasih Tuhan untuk menyelamatkan kita.

Lebih lanjut Pdt Rospita mengatakan dalam kehidupan sehari hari kita punya jaminan kehidupan di dunia ini.

Dikatakan juga bahwa terang kelahiran Yesus Allah pertama sekali memberitahukannya kepada gembala, Kenapa? Ya karena Allah mau membuktikan bahwa Allah mencintai orang yang termarjinalkan.

"Maka terimalah kelahiran Yesus sebagai kado terindah yang berdamai dalam hati dan dalam kehidupanmu,"ujarnya seraya mengatakan agar jangan mencari orang baik," Jangan mencari orang yang baik tetapi jadilah sebagai orang yang baik,"ujarnya.

Ketua panitia Lusamti Simamora SPd MSi dalam sambutannya mengatakan melalui natal agar kita meningkatkan

Kualitas pelayanan pendidikan dan menjadi garam dan terang bagi masyarakat kota Pematang Siantar.

Sementara itu sambutan Walikota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA yang dibacakan oleh Berlin Sijabat mengatakan sangat mengapresiasi panitia yang sudah menggelar perayaan natal.

"Semoga natal membawa kedamaian dan kebahagiaan serta menjadi momentum untuk membawa perubahan ke arah yang lebih baik, lebih mendekatkan , lebih mendewasakan dan lebih mempertebal keimanan kita kepada Tuhan Yang Maha Kuasa," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan perayaan natal saat ini mempunyai arti yabg sangat penting yaitu merayakan hari kelahiran Yesus Kristus / Isa Al Masih sebagai juru selamat yang mendatangkan damai sejahtera di muka bumi.

Natal merupakan simbol dari kasih Allah yang terbesar , natal mengajarkan bagaimana Umat Kristiani harus mengasihi, berdamai dan berbagi dengan orang lain sekaligus berpaling kepada orang orang kecil dan berbagi dengan kasih.

"Oleh karena itu jadikan ajaran agama sebagai kendali dan landasan miral dalam melaksanakan tugas sebagai pelayan masyarakat di Dinas Pendidikan Kota Pematang Siantar yang kita cintai ini,"ujarnya seraya berharap agar umat Kristiani khususnya di Dinas Pendidikan Kota Pematang Siantar agar merefleksikan cinta kasih Tuhan dalam kehidupan sehari hari.

Plt Kadis Pendidikan Kota Pematang Siantar RB Manurung MPd dalam sambutannya mengatakan terimakasih kepada seluruh pantia yang sudah bersusah payah sehingga perayaan natal dapat terlaksana. Semoga ke depan tidak bosan bosannya menjadi panitia natal. Apapun yang kita kerjakan semuanya untuk kemuliaan Tuhan,"ujarnya.

Bersyukur kita saat ini masih sehat. Maka sesuai dengan sub thema mari kita tingkatkan kinerja kita. Hari esok sudah lebih baik,"Mari kita saling berbagi karena apapun yang kita kerjakan itu kemuliaan Tuhan,"ujarnya seraya mengajak untuk bekerja dengan ikhlas.

"Mari kerja dengan ikhlas , melayani secara akuntabel dan transparan, sehingga visi misi walikota sehat berkualitas dapat terwujud,"ujarnya.

Natal mengangkat thema kemuliaan Bagi Allah di tempat maha tinggi dan damai sejahtera di bumi diantara manusia yang berkenan kepadaNya (Lukas 2:14)

Dan sub thema adalah melalui perayaan natal Dinas Pendidikan Kota Pematang Siantar, kita tingkatkan kinerja dan perwujudan ikatan kasih kita, untuk kemuliaan Tuhan

Acara diisi dengan liturgi, Koor dari SD, koor SMP Negeri 3 dan Dinas Pendidikan , doa syafaat dan diikuti oleh Sekolah Negeri dan swasta tingkat,TK, SD dan SMP dan lucky draw serta hiburan tarian dan drama.

Acara tersebut turut dihadiri, Berlin Sijabat, Camat Siantar Timur Masa Rahmat Zebua SE, Para Kabid Dinas Pendidikan Kota Pematang Siantar.