Bupati Taput Panen Kentang, Hasilnya Buat Warga

By Redaksi - Monday, 19 July 2021

Taput, Kabarnas.com - Panen perdana kentang dari lahan Penakaran di Dusun Pealangge Desa Paniaran Kecamatan Siborong-borong, dilaksanakan Bupati Tapanuli Utara (Taput), Nikson Nababan, Senin (19/7/2021).

Bupati mengatakan hasil panen perdana ini tidak untuk dijual keluar daerah tetapi akan dimanfaatkan untuk masyarakat Taput, baik kebutuhan bibit atau untuk dikonsumsi. Lewat kebijakan itu ia berharap para petani lebih sejahtera.

"Jangan keluar dulu sebelum mencukupi untuk kebutuhan masyarakat Taput, pemerintah akan terus mendukung dan memberikan yang terbaik, terutama di tengah pemulihan ekonomi saat ini," kata Nikson.

Pada kesempatan itu, Nikson sangat berterimakasih kepada pihak PT. Indofood atas bantuan dan kepercayaannya dalam membantu kelompok tani. Lewat kerjasama ini ia sangat berharap kedepannya lahan tidur bisa dikelolah lebih maksimal.

Kepala BPS Tapanuli Utara Ester Sitorus menyampaikan bahwa ubinan pihak BPS menghitung bahwa hasil panen saat ini 16,24 ton/ hektar. 

"Kentang ini bukan untuk konsumsi dan cara menanamnya harus rapat jaraknya sehingga buahnya jangan terlalu besar. Jenis kentang ini G-0 untuk bibit bukan untuk konsumsi dan buahnya tidak bisa besar," ujar Ester mengakhiri.

Ir. Simson Sipahutar, M.Si dari Usaha Tani Mora Tua bersertifikasi untuk pengadaan penangkaran bibit dengan harga terjangkau bagi petani Taput.

"Biasanya petani bisa mendapat bibit kentang perkilo 30rb. Sementara bibit ini hanya 10rb/kg dan bibit ini juga lebih kuat karena berasal dan tumbuh di daerah ini," ujar Simson mengakhiri.

Bibit kentang kwalitas Varietas bliss ini menghasilkan 16, 264 ton/ha dengan sistem pembibitan G-0. Bibit unggul yang nantinya akan kita kembangkan bekerja sama dengan PT. Indofood terutama dalam pembuatan makanan ringan seperti Chitato.