Usai Sakramen, Uskup Mgr Anicetus Sinaga Meninggal

By Redaksi - Sunday, 08 November 2020


Medan, Kabarnas.com - Setelah mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit St. Elisabeth Medan, Administrator Apostolik Keuskupan Sibolga, Sumatra Utara, Mgr. Anicetus Bongsu Sinaga dikabarkan meninggal pada Sabtu, (7/11/2020) sekitar pukul 18.00 WIB.

Kabar tersebut pun telah berada di media sosial dan pertama disampaikan melalui laman facebook Keuskupan Sibolga. Dalam laman itu, umat Katolik diajak berdoa untuk keselamatan jiwa Mgr. Anicetus Sinaga.

Sebelum meninggal, pria yang dilahirkan di Naga Dolok, Tapian Dolok, Simalungun, Sumatra Utara, 25 November 1941, itu telah terlebih dahulu mendapat sakramen minyak suci dan setelah meninggal, jenazahnya sudah dibawa Gereja Katedral.

Mgr. Anicetus Sinaga sendiri menerima tahbisan imamat pada 13 Desember 1969. Alumnus Universitas Leuven, Belgia itu menerima tahbisan uskup sebagai uskup pertama Keuskupan Sibolga pada 6 Januari 1981, di Vatikan oleh Paus Yohanes Paulus II.

Pada tahun 2004, Mgr. Sinaga ditunjuk sebagai Uskup Koajutor Keuskupan Agung Medan. Pada 2009, ia mengemban jabatan sebagai Agung Medan hingga purna bakti pada tahun 2018 silam. 

Masih pada tahun yang sama menyusul meninggalnya Mgr. Ludovikus Simanulang, OFMCap, Uskup Sibolga saat itu, Mgr. Sinaga ditunjuk sebagai Administrator Apostolik Keuskupan Sibolga. Ia mengemban amanat itu hingga dipanggil pulang oleh Bapa di surga pada usianya yang ke-79 tahun. Almarhum sosok homoris dan kepergiannya membuat duka, khususnya umat Katolik

Berita Lainnya

    Loading...