Sulit Cari BBM, Nelayan Mengadu ke DPRD Sibolga

By Redaksi - Wednesday, 06 April 2022

Sibolga, Kabarnas.com - Naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis pertalite bersubsidi membuat para nelayan kian menjerit. Kondisi tersebut berimbas pada aktivitas mereka.

Para perwakilan nelayan tradisional yang tergabung dari beberapa organisasi pun mendatangi Wakil Ketua DPRD yang juga Ketua DPD Partai Golkar Sibolga, Jamil Zeb Tumori SH MAP.

Para nelayan tradisional mengaku sulit mendapatkan BBM jenis pertalite bersubsidi dari SPBU yang ada, sementara mereka harus tetap melaut untuk menghidupi keluarganya. Demikian diutarakan Jamil usai menampung aspirasi para nelayan, Selasa (5/4/2022) kemarin.

Pimpinan DPRD Sibolga tersebut dengan tegas mengatakan, “Ini masalah perut, jangan pernah mengganggu kami, maka jangan sulit kami untuk mencari makan,” tegasnya.

Para nelayan mengatakan, ketika mereka akan membeli BBM Pertalite di sejumlah SPBU yang ada di Sibolga dan Tapteng, mereka dipersulit. Pihak SPBU meminta para nelayan menunjukkan surat rekomendasi dari Dinas Perikanan dan Keluatan agar bisa melakukan pembelian BBM.

Pihak nelayan mengaku 'dibola-bola'. Ketika mereka mendatangi Dinas Perikanan, tetap sulit dan tidak bisa mendapatkan surat rekomendasi tersebut. Pihak Dinas Perikanan dan Keluatan berdalih, tidak berani mengeluarkan rekomendasi karena tak ada dasar hukumnya yang telah berubah.

“Kalau Dinas Perikanan dan Kelautan tak memberikan, lalu kemana kami mendapatkan surat rekomendasi tersebut. Kami butuh makan, dan kami ingin melaut. Jadi, kami datang ke DPRD untuk menemui Wakil Ketua (Jamil Zeb Tumori, Red), untuk meminta solusi,” ujar perwakilan nelayan kepada Jamil.

Melihat masalah pelik para nelayan tersebut, Jamil langsung pasang badan dan memberikan solusi. Menurut Jamil, sejatinya semua aturan dibuat untuk mensejahterakan masyarakat. “Apa pun yang terjadi, solusi harus ada, jangan sampai mereka (nelayan) bertindak anarkis,” sebut Jamil.

Jamil langsung bergerak cepat. Ia memediasi perwakilan para nelayan dengan Sales Area Pertamina Sibolga-Tapteng, Helmi, dalam suatu pertemuan di ruangan Pimpinan DPRD Kota Sibolga. Berkat mediasi yang diinisiasi Jamil, akhirnya ada solusi yang melegakan para nelayan.

“Untuk sementara waktu, para nelayan tradisional bisa mendapatkan BBM pertalite bersubsidi untuk melaut di SPBU Sibolga-Tapteng, menggunakan jerigen dengan memberikan rekomendasi dari organisasi nelayan masing-masing,” kata Jamil.

Untuk memastikan BBM tersebut benar-benar digunakan untuk melaut, Jamil sendiri yang melakukan pengawasan langsung.(Job Purba)

Kategori