Stok Minim, Harga Daging Babi dan Ikan Asin Teri Naik

By Redaksi - Thursday, 04 February 2021

Pematangsiantar, Kabarnas.com - Inflasi di Kota Pematangsiantar masih terkendali. Namun tekanan inflasi pada bulan Januari masih terasa karena dipengaruhi makanan, minuman, tembakau, perawatan pribadi, dan jasa lainnya. Dengan perkembangan tersebut, inflasi IHK pada Januari 2021 tercatat sebesar 1,13 persen (year to date/ytd) atau 3,30 persen (year of year/yoy).

Komoditas yang menyebabkan tekanan inflasi adalah ikan asin dan daging babi. Kelompok ini mengalami inflasi sebesar 2,36 persen (mtm) pada Januari 2021. Sedangkan kenaikan harga ikan asin teri disebabkan minimnya pasokan yang masuk ke pedagang akibat curah hujan.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Pematangsiantar Edhi Rahmanto Hidayat dalam Rapat Teknis Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di Ruang Rapat Gedung KPw BI, Lantai 4, Jalan H Adam Malik Kota Pematangsiantar, Kamis (4/2/2021), mengatakan harga daging babi masih mengalami peningkatan, sejalan dengan stok yang menipis.

Sementara komoditas seperti bawang merah, bawang putih, dan sawi hijau mengalami deflasi. Sehingga menahan laju inflasi lebih lanjut pada kelompok makanan, minuman, dan tembakau.

Sedangkan deflasi pada beberapa komoditas tersebut, lanjut Edhi, disebabkan ketersediaan pasokan yang memadai untuk memenuhi permintaan konsumen.

Inflasi pun dipengaruhi perawatan pribadi dan jasa lainnya, didorong oleh kenaikan biaya rekreasi. Salah satu pendorongnya, naiknya harga tiket masuk Kebun Binatang (Taman Hewan) sebesar 67 persen, yakni dari Rp15 ribu menjadi Rp25 ribu.

Edhi menjelaskan, terjaganya inflasi di Kota Pematangsiantar tidak terlepas dari peran proaktif yang dilakukan TPID Kota Pematangsiantar dalam memonitor dan mengawal kelancaran pasokan komoditas strategis di tengah pandemi Covid-19. Termasuk untuk jalur distribusi pangan dan kebutuhan pangan dipersiapkan dengan baik agar mudah diakses masyarakat, baik dalam rangka penjualan ke masyarakat umum, maupun dalam rangka program bantuan sosial.

Ke depan, katanya, konsistensi dan komitmen dalam menjaga stabilitas harga, BI bersama Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar melalui TPID dan forum-forum yang ada, akan terus dipertahankan untuk mendukung tetap terkendalinya inflasi di Kota Pematangsiantar.

Kategori