Pertarungan Sengit Dapil III Sumatra Utara: Sosok Ini Pantas Jadi DPR RI

By Redaksi - Wednesday, 23 August 2023
Ilustrasi Pemilu 2024. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi Pemilu 2024. (Foto: Istimewa)


*Oleh: Fetra Tumanggor

Pada Pemilu Legislatif 2024 mendatang, ada salah satu daerah pemilihan (dapil) yang 'horor', yakni Sumatra Utara III. Sebab, di dapil ini tingkat persaingan sangat tinggi dan bertabur nama-nama besar memperebutkan 10 kursi yang tersedia. Hal ini terlihat dari daftar calon sementara (DCS) yang sudah dikeluarkan KPU.

Sepuluh petahana yang saat ini duduk sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024 semuanya masih maju, tak ada yang pensiun atau beralih dapil. Dari PDIP ada nama Djarot Saiful Hidayat, Junimart Girsang, dan Bob Mamana Sitepu.

Dari Golkar, Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia Tanjung dan Delia Pratiwi Sitepu masih tetap maju. Ada nama Rudi Hartono Bangun dari Partai NasDem, Hinca Panjaitan dari Demokrat, Nasril Bahar dari PAN, Djohar Arifin Husin dari Gerindra, dan Anshori Siregar dari PKS.

Selain nama-nama petahana di atas, juga muncul beberapa nama lainnya yang semakin memanaskan persaingan. Ada mantan Bupati Simalungun JR Saragih yang akan bertarung melalui Partai Nasdem.

Dari Golkar ada mantan anggota DPR dua periode Anton Sihombing masih tetap maju. Masih dari Golkar, muncul juga nama mantan petinggi Kejaksaan Agung Mangihut Sinaga.

Nama besar lainnya yang akan maju dari dapil ini adalah petinggi Partai Demokrat Jansen Sitindaon dan mantan Bupati Binjai Ali Umri dari PKB. Jangan lupakan nama Sortaman Saragih dari Perindo yang di Pemilu 2019 lalu seharusnya duduk sebagai anggota DPR. Sayang, Perindo tak memenuhi batas parliamentary threshold sehingga jatah kursinya diambil Demokrat.

Dari sekian banyak nama besar tersebut, ada nama Rudolf Valentino Saragih yang akan bertarung melalui PDIP. Dia adalah seorang bankir.

Pria asal Simalungun itu besar di Bank Tabungan Negara (BTN) dan disebut sebagai sosok hebat di balik eksistensi Bank BTN bertahan selama ini. Sebelum pensiun tahun 2023, jabatan terakhir yang diembannya di BTN adalah vice president.

Rudolf lahir di Medan, 10 April 1967. Dia lulus sebagai sarjana ekonomi dari Universitas Sumatra Utara (USU).

Ayahnya Djabudin Saragih adalah Sintua Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) yang berkampung halaman di Haranggaol, Kabupaten Simalungun. Adapun ibunya adalah Lydia Girsang, asal Seribudolok, Kabupaten Simalungun.

Kiprahnya sepanjang 20 tahun bekerja di dunia perbankan dan keuangan, membuat Rudolf layak duduk sebagai anggota DPR.

Apalagi salah satu tugas pokok dari DPR adalah membahas, menyetujui, dan mengawasi anggaran negara. Tentu, masalah anggaran, Rudolf punya kompetensi yang dibutuhkan sebagai anggota DPR.

Kepada beberapa media beberapa waktu lalu, suami dr. Margaretha MS Sembiring ini pernah menyampaikan dengan segudang pencapaian yang telah dia lalui sebagai bankir, urusan dunia sudah cukup.

Dia kini berharap masih bisa memberi manfaat kepada masyarakat. Saat ini dia lebih sering ke Simalungun lantaran ada kegiatan filantropi yang dijalankan bersama beberapa rekan pribadi.

Dia juga mengatakan, keinginannya untuk bertarung dan ingin menjadi anggota DPR agar bisa lebih melayani masyarakat. [] (Selasa, 22 Agustus 2023)