Perbaiki Jalan Desa, Warga Dusun Pining II dan Samperaja Gotong Royong

By Redaksi - Saturday, 08 June 2024
Puluhan warga Dusun Pining II, dan Dusun IV Samperaja, Nagori Bosar Galugur, Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun bergotong royong (Nimrod /Kabarnas.com)
Puluhan warga Dusun Pining II, dan Dusun IV Samperaja, Nagori Bosar Galugur, Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun bergotong royong (Nimrod /Kabarnas.com)

Simalungun- Puluhan warga Dusun Pining II, dan Dusun IV Samperaja, Nagori Bosar Galugur, Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun bergotong royong di jalan desa, Sabtu (8/6/24).

Gotong royong yang dilakukan adalah membersihkan rumput jalan desa, memecahkan batu padas untuk disusun ke jalan yang sudah berlobang atau rusak. 

Warga juga menanam bunga dan daun sereh atau sangge-sangge di pinggir jalan yang sudah dibersihkan.

Warga Dusun Pining II M Gultom mengatakan, gotong royong ini menjadi pilar penting menjaga kohesi sosial masyarakat Indonesia sebagaimana tertuang dalam sila ketiga dalam Pancasila yaitu Persatuan Indonesia. 

Dijelaskan, gotong royong tidak hanya melibatkan aktivitas fisik tetapi juga mencerminkan solidaritas, rasa persaudaraan dan kepedulian terhadap sesama.

"Kami melaksanakan gotong royong di jalan ini, untuk membuat jalan bagus dan orang yang melintasi jalan ini bisa melintas dengan baik dan kami warga di sini kompak bergotong royong dalam meningkatkan keamanan dan kebersihan lingkungan," sebutnya.

Sementara Kepala Dusun (Gamot) Saima Gultom mengatakan, dirinya mengajak warga untuk bergotong royong agar pengendara yang melintasi jalan tidak terkendala.

"Dan kita selalu tanamkan jiwa warga selalu bergotong royong di desa ini. Harapan kita sebagai perwakilan pemerintah nagori, semoga warga kita meningkatkan kerja sama dalam bergotong royong di desa ini," ujarnya.

Pangulu Nagori Bosar Galugur Pahotan Manurung juga mengatakan, warga Dusun 4 itu selalu semangat bergotong royong dalam memperbaiki lingkungan desa.

Menurutnya, gotong royong ini merupakan wujud kebersamaan antara pemerintah desa dengan seluruh komponen masyarakat yang menjadi kekuatan tersendiri bagi kemajuan desa.

Ia menambahkan, gotong royong bagian untuk memupuk silaturahmi yang baik dan persaudaraan yang perlu dipupuk sebagai budaya yang positif dari warisan leluhur.

"Melalui gotong royong kita bisa saling bahu membahu dalam setiap kegiatan kemasyarakatan seperti merawat jalan desa, maupun menjaga kebersihan lingkungan ,” katanya dengan berharap kegiatan kali ini diharapkan dapat mencegah jalan dari kerusakan akibat genangan air.(Nimrod)