KPU Resmi Umumkan 11 Panelis untuk Debat Capres dan Cawapres di Pilpres 2024

By Redaksi - Sunday, 10 December 2023
Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden di Pilpres 2024. (Foto: Antara)
Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden di Pilpres 2024. (Foto: Antara)

Jakarta - Sebanyak orang 11 panelis untuk debat perdana calon presiden dan wakil presiden sudah resmi diumumkan. Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjadwalkan debat perdana ini pada Selasa, 12 Desember 2023 di Kantor KPU, Jakarta.

Komisioner KPU, August Mellaz mengungkapkan bahwa para panelis merupakan sosok yang kompeten di bidangnya. Berdasarkan daftar nama yang dirilis, mayoritas panelis merupakan akademisi dari berbagai perguruan tinggi negeri di Tanah Air.

"Kami sudah mendapatkan konfirmasi yang akan menjadi panelis untuk debat yang pertama," kata August di Kantor KPU, Sabtu, 9 Desember 2023.

Para panelis itu, di antaranya pakar ilmu politik UGM Mada Sukmajati, pakar Ilmu politik Undana Rudi Rohi, ahli hukum tata negara Undip Lita Tyesta, dan pakar hukum Unand Khairul Fahmi.

Selanjutnya, ada pakar hukum tata negara UNS Agus Riewanto, pakar hukum tata negara Unpad Susi Dwi Harijanti, Guru Besar Universitas Jember Bayu Dwi Anggono, dan Ketua Komnas HAM periode 2017-2020 Ahmad Taufan Damanik.

Kemudian ada juga Guru Besar Studi Agama UIN Sunan Kalijaga Al Makin, Gun Gun Heryanto dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan Dekan Fisipol UGM Wawan Mas'udi.

Ia menjelaskan, nantinya seluruh panelis akan menjalani karantina mulai Minggu, 10 Desember 2023 sampai hari berlangsungnya debat di Jakarta. Para panelis juga akan merumuskan pertanyaan-pertanyaan yang akan diberikan kepada capres dan cawapres.

KPU RI telah menetapkan jadwal pelaksanaan debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024 yang akan berlangsung selama masa kampanye Pemilu 2024 pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

Debat pertama dan kedua digelar pada tanggal 12 dan 22 Desember 2023. Debat ketiga dan keempat berlangsung pada 7 dan 21 Januari 2024, dan debat terakhir akan diselenggarakan pada 4 Februari 2024.

Lima kali debat capres-cawapres ini dilaksanakan di Jakarta. Debat capres akan dilangsungkan tiga kali, sedangkan debat cawapres dua kali. Pasangan capres-cawapres diharuskan hadir pada lima kesempatan debat itu.

Adapun tema debat pertama meliputi pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Tema debat kedua adalah ekonomi yang mencakup ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan. Tema debat ketiga adalah pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik.

Kemudian tema debat keempat adalah pembangunan keberlanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Lalu, tema debat kelima meliputi kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan juga inklusi.

KPU telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024.

Mereka adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (nomor urut 1), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (nomor urut 2), dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD (nomor urut 3).[]