Harga Sawit Naik Jadi Rp900/Kg, Petani Masih Rugi

By Redaksi - Wednesday, 20 July 2022

Tapteng - Harga Tandan Buah Segar(TBS) kelapa sawit di Kabupaten Tapanuli Tengah pekan ini mulai menunjukkan kenaikan menjadi Rp 900 per kilogram.

Meski begitu, petani masih merugi karena harga pembelian oleh pabrik pengolahan sawit itu masih di bawah ongkos produksi petani.

Binsar Sitompul, salah seorang pengepul mengungkapkan untuk saat ini harga beli TBS mulai ada peningkatan dari harga sebelumnya.

"Harga beli pabrik naik sedikit ke harga Rp 900 kg," katanya.

Dikatakannya, untuk harga jual TBS sawit dari petani yang sebelumnya di angka Rp 400 perak meningkat ke angka Rp 750 perak.

Pantau di lapangan terhadap harga buah sawit saat ini, biaya produksi petani dari segi pembelian pupuk dan biaya penyemprotan masih sangat jauh dari harga jual sawit. Apalagi kata Dia, harga beli pupuk untuk sawit saat ini sangat mahal.

Dirinya berharap, dengan meningkatnya harga sawit pekan ini, menjadi awal kenaikan harga kedepannya, untuk meningkatkan kembali semangat petani sawit di Kabupaten Tapanuli Tengah.

"Masih belum imbang Bang, harga jual dan biaya panen dan perawatan sawit kita masih tergolong sangat rendah," tutupnya .(Job Purba)