Ekspedisi Geopark Kaldera Toba SMSI Sukses, Peserta Puji Toleransi di Kota Siantar

By Redaksi - Saturday, 11 February 2023

Pematangsiantar - Ekspedisi Geopark Kaldera Toba Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) yang berlangsung sejak tanggal 4-6 Februari 2023 berlangsung sukses dan mendapat apresiasi dari berbagai pihak.

Tim Ekspedisi yang membawa ratusan pemilik media online yang terdiri dari seluruh Indonesia itu pun tiba di Pematang Siantar dan disambut Wali Kota dr Susanti Dewayani SpA dan Ketua Dekranasda H Kusma Erizal Ginting SH pada Senin (6/2) sore. Di Siantar, tim langsung disambut dengan tarian "Dihar" yang merupakan kebudayaan Simalungun dan dihibur dengan tortor sombah.

Setelah acara seremonial, tim kemudian diajak berkeliling naik Becak BSA, setelah sebelumnya diberangkatkan dengan tampilan Barongsai yang merupakan kebudayaan Tionghoa, salah satu unsur masyarakat yang memperkaya khasanah kota ini sebagai miniatur Indonesia.

Tim lalu diajak untuk berkeliling kota dan mengunjungi patung Dewi Kwan Im, patung setinggi 22,8 meter itu pun tercatat tertinggi di Asia tenggara. Dari sana kemudian tim bergerak ke pohon terang di Jalan Gereja, Kecamatan Siantar Selatan, Kota Pematang Siantar.

Pohon Natal/Terang setinggi 39,5 meter yang dibangun tahun 1997 dan berdiri kokoh di komplek Sopo Godang Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) itu pun tercatat sebagai pohon tertinggi di Asia tenggara.

Rangkaian perjalalan tim yang mengitari kota Pematang Siantar itu pun membawa kesan damai dan indahnya keberagaman di Kota Pematang Siantar.

Sejumlah peserta pun memuji toleransi yang terawat dan terjaga di Kota Pematang Siantar. Sembari berharap, Pemerintah Kota dan masyarakatnya tetap menjaga dan meningkatkan toleransi di Kota ini.(*)

Kategori