DPP ADAI Gelar Pengandian Masyarakat Nasional ke 4

By Redaksi - Sunday, 25 October 2020

Simalungun, Kabarnas.com - Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Dosen Akuntasi Indonesia (DPP ADAI) kembali menyelenggarakan pengabdian masyarakat ke - 4 secara nasional. Pengabdian masyarakat ini bertempat di Pesantren Darul Hikmah dengan masyarakat kelompok petani lembu di Nagori Bahjoga Utara Kabupaten Simalungun, Sabtu (24/10/2020)

Adapun topik ABSIMAS ke -4 ini tentang “Studi Kelayakan Pengembangan Bisnis Peternakan Lembu dan Manajemen Keuangan Para Peternak Lembu Di Desa/Nagori Bahjoga Kabupaten Simalungun.

Pada sambutannya, ketua ADAI yang sekaligus dosen FE Unimed Dr. Arfan Ikhsan Lubis SE M.Si mengatakan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan rutin ADAI tiap semesternya, dimana dengan kegiatan rutin seperti ini para dosen tetap aktif dalam menjaga dan memenuhi Tridarma Perguruan Tinggi.

Menyinggung peternakan lembu, beliau mengatakan bahwa bisnis peternakan memang menjadi sektor bisnis yang menggiurkan di Indonesia. Hal ini tak terlepas dari iklim serta kondisi alam yang mendukung untuk membudidayakan berbagai macam hewan ternak. Tak hanya itu saja, di Indonesia lahan masih sangat luas dan subur. Apalagi di daerah pedesaan dimana masih terdapat tanah lapang serta rumput hijau untuk pakan ternak.

Sementara itu ketua panitia Ir. Robert Tua Siregar., M.Si., Ph.D yang juga dosen STIE Sultan Agung berdasarkan laporannya mengatakan, pengabdian masyarakat kali ini diikuti 49 perguruan tinggi (PTN/PTS) dan 215 dosen yang tersebar di wilayah Indonesia mulai dari provinsi Aceh, Sumut, Riau, Sumbar, Bengkulu, Kalsel hingga Papua.

Mengingat besarnya hasrat para dosen akuntansi untuk menyelenggarakan ABDIMAS ini, maka pihak panitia menyediakan link zoom bagi para dosen yang berada diluar kota maupun diluar provinsi sehingga mereka tetap bisa mengikuti acara pengabdian masyarakat ini dengan Daring.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan dan Peternakan Kabupaten Simalungun, Pardomuan A. Sijabat., SP M.Si pada kesempatan ini mengatakan bahwa kegiatan ini memberi kecerahan saat ini khususnya pada masa pandemic covid-19, yang akan membantu penguatan masyarakat dalam ketahanan pangan.

Sedangkan pimpinan Pesantren Darul Hikmah Erayadi., SAg. M.Pd mengatakan, kegiatan ini sangat memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya di sekitar pesantren di Nagori Bah Joka, Kecamatan Jawa Maraja Bah Jambi. Pada kesempatan itu camat setempat, Rasid Sinaga SH mengatakan bahwa kegiatan ini sangat memberi arti penting bagi masyarakatnya, dimana khususnya Nagori Bah Joka merupakan peternak lembu yang mendominasi, sehingga kegiatan pengabdian masyarakat ADAI ini akan dapat bermanfaat.

Dalam penutupannya Sekjen DPP ADAI Hendra Harmain., SE.,MPd mengatakan kegiatan ini diagenda setiap semester oleh ADAI, dan pada semester depan direncanakan dengan memilih tema dan lokasi yang berbeda. Materi yang diberikan oleh Kepala Dinas Pardomuan Sijabat SP. M.Si tentang manajemen bisnis ternak lembu dan Robert Tua Siregar Ph.D Pemberdayaan kelembagaan Kelompok Tani Ternak. Kegaiatan diakhiri dengan diskusi dan foto bersama.



Berita Lainnya

    Loading...