Connect with us

Regional

Presiden Jokowi menerima kunjungan Deputi Perdana Menteri Malaysia

Bogor, Kabarnas – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Deputi Perdana Menteri Malaysia, Dato Seri Wan Azizah Wan Ismail di Istana Bogor, Selasa (9/10).

Presiden Joko Widodo mengucapkan rasa terimaksih atas bantuan Malaysia untuk korban gempa bumi di Lombok dan Sulawesi Tengah.

Wan Azizah Wan Ismail menyampaikan simpati dan belasungkawa terhadap bencana gempa bumi yang melanda  beberapa daerah di Indonesia.

Sebelumnya beberapa Pejabat tinggi Malaysia sudah beberapa kali bertemu Jokowi. Diantaranya  Perdana Menteri Mahatir Muhammad bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Bogor pada 29 Juni 2018. Selanjutnya, mantan Wakil PM Anwar Ibrahim yang merupakan suami dari Wan Azizah juga bertemu Presiden Jokowi pada 30 Agustus 2018 di Istana Bogor.

Sebelumnya Malaysia telah menerbangkan satu pesawat kargo Airbus A400M (heavy-airlift) berisi suplai kemanusiaan diantaranya  kebutuhan medis yang disumbangkan oleh Persatuan Bulan Sabit Merah (PBSM) Malaysia untuk korban gempa di Sulawesi Tengah.

Usai pertemuan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi kepada wartawan  mengatakan, bahwa kunjungan ini merupakan  kunjungan perkenalan Wan Azizah Wan Ismail sebagai Deputi PM.

Sebagai negara paling dekat, tetangga dekat, serumpun, maka pemimpin Indonesia dan Malaysia sepakat untuk mengintensifkan komunikasi di antara para pemimpin kedua negara.

Dalam pertemuan antara Presiden Jokowi dengan Deputi PM Malaysia itu juga dibahas mengenai masalah pendidikan untuk anak-anak TKI yang ada di Malaysia.

Untuk Sabah dan Sarawak,  kedua negara sudah memiliki Community Learning Center, tetapi untuk Semenanjung belum ada.

Untuk itu Presiden Jokowi minta agar dibentuk di semenanjung tersebut.

Presiden Jokowi, juga menyampaikan agar kerja sama untuk peningkatan keamanan di perairan wilayah kedua negara ditingkatkan.

Sedangkan Wan Azizah Wan Ismail dalam kesempatan itu menyampaikan pentingnya ditingkatkan kerja sama dalam rangka penanggulangan terorisme dengan cara tukar informasi intelijen.

Kedua negara mau tidak mau harus terus bekerja sama di dalam rangka promosi sustainable sawit, ujar Deputi PM Malaysia tersebut.

Pada kesempatan tersebut, tampak mendampingi Presiden Jokowi diantaranya Menlu Retno Marsudi dan Mensesneg Pratikno 

Politik

Warga Desa Lobusiregar Kecewa,Wakil Ketua DPRD Taput.Ir.Reguel Simanjuntak Ingkar Janji.

Siborongborong,Kabarnas.-Warga desa Lobusiregar,kecamatan Siborongborong kabupaten Tapanuli Utara kecewa akan ulah dan pernyataan dari seorang wakil rakyat yang saat ini menjabat selaku wakil ketua DPRD Tapanuli Utara dari partai PDIP Ir.Reguel Simanjuntak,yang dinilai tidak ingat janji,bahkan terkesan memberikan janji kosong.

Hal tersebut dikatakan,pada hari Minggu,di bulan Februari 2018 yl.Ir.Reguel Simanjuntak ketika mengikuti kebaktian di gereja HKBP Bahal Imbalo, bersama unsur Pimpinan Kecamatan Siborongborong di bawah arahan camat Sibongborong,Drs.Siasep Manalu(,yang sering mengunjungi desa desa di wilayah kecamatan Siborongborong yang dipimpinnya},Ir.Reguer Simanjuntak memberikan janji-janji manis akan pembangunan jalan,yang hingga saat ini tidak terealisasi adanya.

 

   Foto :Jalan menuju gereja HKBP Bahal Imbalo Lobusiregar,kecamatan Siborongborong hingga saat ini nampak menganga lebar,tanpa perhatian Pemkab Tapanuli Utara.

 

Dalan ceramahnya waktu itu,setelah selesainya acara kebaktian di tempat ibadah tersebut,Ir.Reguel Simanjuntak yang menyempatkan diri memberikan sepatah dua kata terhadap warga jemaat/masyarakat mengatakan,jalan desa yang menghubungkan jalan ke dusun Bahal Imbalo tempat berdirinya gereja HKBP Bahal Imbalo yang jalannya bisa dikatakan bagaikan kubangan kerbau serta berlobanglobang,akan segera diperbaiki,bahkan menurut Ir.Reguel,sebelum bulan Juni berjalan,perbaikan/pembangunannya ala hotmix sudah tuntas.

“Asalkan kita tetap mendukung program pemerintahan kabupaten Tapanuli Utara,jalan rusak tersebut akan segera diperbaiki.Bulan Mei ini,akan segera terealisasi,”lanjutnya,yang mendapat aplaus luar biasa dari warga masyarakat yang hadir pada kebaktian minggu tersebut.

Wartawan Kabarnas yang menanyakan langsung kepada wakil rakyat dari partai PDIP tersebut selesainya acara kebaktian dan temu ramah terhadap warga jemaat mengatakan,Pemkab Tapanuli Utara benar akan melakukan pembangunan jalan ke dusun tersebut paling lambat bulan Mei 2018.

Tunggu punya tunggu,janji yang di ungkapkan wakil ketua DPRD Tapanuli Utara tersebut hanyalah hayalan semata.Hingga saat ini,sudah menjalani bulan Juni,janji tersebut tidak ada nampaknya di tepati membuat warga desa Lobusiregar kecewa akan sosok Ir.Reguel Simanjuntak.

Salah seorang warga desa Lobusiregar yang bermarga Siahaan ketika dihubungi Kabarnas,kamis(7/6)mengatakan sangat kecewa dengan pernyataan yang dilontarkan oleh Ir.Reguel Simanjuntak akan membangun/memperbaiki dengan segera jalan ke desa mereka,apalagi di dusun mereka berdiri dengan megahnya bangunan gereja yang dihuni ratusan KK.tetapi tidak menepatinya.

“Bagaimana lagi kami percaya akan pimpinan di kabupaten kami yang kami cintai ini,sementara pimpinan daerahnya banyak yang hanya banyak bicara,tanpa kenyataan.Sampai kapanpun daerah kami Tapanuli Utara akan tetap terbelakang pembangunannya dari kabupaten lainnya,kalau pimpinan yang hanya doyan bicara tanpa kenyataan,tidak berganti di hari mendatang,tambah Siahaan menghakhiri.(TS)

Continue Reading

Regional

Minta Kunci Kontrakan, Boru Simanjuntak malah Disiram Kuah Panas Hingga Badannya Melepuh

Pematangsiantar – Gara – gara meminta kunci rumah kontrakan, seorang wanita disiram kuah lontong panas, di Jalan Sadom, Kecamatan Siantar Barat, Rabu (3/5/2018) pagi.

Akibatnya, bahu belakang Vera Simanjuntak melepuh dan harus dilarikan ke RSUD Djasamen Saragih Siantar.

Pelaku, boru Harahap telah diamankan oleh petugas Polsek Siantar Barat dan telah diserahkan ke Polres Siantar, tepatnya Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (UPPA) untuk dimintai keterangannya.

Peristiwa penyiraman kuah lontong tersebut, terjadi saat Vera dengan kakaknya, hendak meminta kunci rumah kontrakan boru Harahap yang terletak di Jalan Sisingamangajara, Kelurahan Bukit Sofa, Kecamatan Siantar Sitalasari.

“Dia (boru Harahap,red) sudah mengontrak selama 3 tahun dikontrakan kami (Vera) dan bulan 8 ini habis masa kontraknya. Jadi sebelum habis, rumah kontrakan itu, mereka sudah pindah ke Jalan Sadom dan membawa kunci rumah kontrakan saya,”ungkap kakak Vera, ketika berada di RSUD Djasamen Saragih, tepatnya di ruangan Aksia.

Lantaran rumah yang dikontrakan tersebut tidak terawat dengan baik dan sangat semak, akhirnya Vera pun memutuskan untuk menemui boru Harahap dengan meminta kunci tersebut.

“Padahal kami meminta kunci rumah kontrakan kami hanya untuk membersihkan sajanya, bukan untuk mengusir, karena rumah kontakan itu tidak terawat dan pernah juga ular masuk ke rumah adek saya ini. Adek saya (Vera) ini juga pernah dimimpiin sama almarhum ibu saya agar dirinya merawat rumah kontrakan itu,”tutur kakaknya sembari mengipas bahu belakang adeknya.

Lanjutnya, pada saat mereka minta kunci kontrakan itu, ternyata kunci itu dibawa oleh suaminya, boru Harahap dan bukan hanya sekali ini saja mereka minta kunci rumah kontrakan itu dan jawabannya terus dibawa suaminya.

Alhasil, keduanya (Vera dan boru Harahap, red) saling adu mulut. Sehingga boru Harahap yang sedang memegang panci dengan isi kuah lontong yang panas langsung menyiramkannya ke arah Vera.

Kapolsek Siantar Barat, Iptu J Sidabutar, membenarkan kejadian tersebut.

“Sudah kita amankan boru Harahap tersebut dengan barang bukti sebuah panci. Sedangkan untuk korban sendiri, masih dirawat di RSUD Djasamen Saragih karena bagian belakang bahunya telah melepuh”, ujar Kapolsek.

Sumber: HetaNews.com

Continue Reading

Regional

Taksi Online di Medan: “Maaf, Saya Takut. Bisa Di-cancel Saja?”

Di satu kedai kopi langganan tergelar perbincangan para sopir taksi online. Topik masih seputar siasat menjaga diri paska perampokan dan pembunuhan sopir Grab, David Julher Simanjuntak, yang jenazahnya ditemukan Minggu (24/9) pagi di Jalan Sempurna Medan.

“Kuperiksalah orang itu satu-satu sebelum naik,” kisah seorang sopir kepada rekan-rekannya saat mengambil order di kawasan Kampung Durian menuju Jalan Cirebon. Dia ragu antara mengambil atau menolak. Bimbang antara keselamatan diri atau mengejar jumlah trip sebagai syarat mendapat insentif.

Calon penumpangnya sudah dua kali ditolak taksi online. Sampai-sampai dengan setengah emosi si calon penumpang saat dihubungi menegaskan bahwa mereka bukan begal. Dan untuk memastikan mereka penumpang baik-baik, mereka bersedia diperiksa satu demi satu sebelum masuk ke mobil.

Sopir pun menjemput. Di lokasi penjemputan, keenam penumpang yang semua mahasiswa diperiksa satu demi satu sebelum masuk mobil. Tak cukup sampai di situ, selama perjalanan jendela mobil dibuka.

Pengalaman sejenis lantas diceritakan seorang sopir lain. Dia pun membawa penumpang yang sudah dua kali ditolak karena tujuan berada di pinggiran kota. Sopir ini bersedia menerima karena melihat calon penumpangnya membayar dengan fitur pembayaran non tunai yang disediakan aplikasi.

Kejadian tragis yang dialami David Julher Simanjuntak tak cuma melahirkan ketakutan sopir taksi online, tapi juga berdampak pada penumpang. Seorang teman sampai curhat di media sosial karena pemesanannya ditolak. Alasan sopir, takut.

Penolakan sopir taksi online (sumber: screenshot facebook)
Penolakan sopir taksi online (sumber: screenshot facebook)

Ketua Komunitas Organisasi Transportasi Online Indonesia, Toga Simbolon, sudah meminta kepada pengelola aplikasi taksi online untuk melakukan validasi data calon penumpang. Apalagi kasus perampokan sopir takol sudah lebih dari sekali terjadi. Agustus lalu perampokan dialami Mukafil di sebuah plasa di Medan. Di daerah lain terjadi di Tol Jagorawi (November 2016), Tangerang (Maret 2017), Bogor (April 2017), Jakarta (Juni 2017), Surabaya (Agustus 2017), dan Palembang (Agustus 2017).

Ride-sharingsharing economy, atau apapun istilah yang diusung aplikasi takol, hubungan tiga pihak (pengelola– sopir –penumpang) harus berada dalam posisi saling menguntungkan termasuk keselamatan sopir. Tak hanya penumpang yang berhak mengetahui identitas sopir, tapi juga sebaliknya.

Pemasangan aplikasi di ponsel penumpang tak cukup hanya bermodalkan nomor ponsel atau alamat surel. Validasi data penumpang seperti yang disampaikan Toga Simbolon harus benar-benar lengkap. Foto diri penumpang, nomor dan foto KTP, serta nomor rekening bank dan foto buku tabungan sebaiknya dimuat sebagai syarat pemasangan aplikasi.

Untuk melengkapi jaminan keselamatan supir yang diposisikan sebagai mitra, sistem pembayaran diharuskan menggunakan fitur pembayaran nontunai (GoPay, GrabPay, kartu kredit di Uber). Transfer saldo dilakukan menggunakan nomor rekening yang didaftarkan. Tentu saja pendapatan sopir dapat ditransfer secara harian –tidak mingguan– untuk memenuhi biaya BBM, operasional, dan setoran ke rumah.

Validasi data penumpang dan penggunaan fitur pembayaran nontunai juga dapat menjadi sumber data pengelola taksi online dan calon investor untuk mengetahui jumlah real pengguna aplikasi taksi online dan mencegah order fiktif yang kerap berimbas pada pendapatan sopir. Di samping mendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT). Bersediakah pengelola taksi online dan penumpang melakukan ini? Sebagai kumpeni dan insan zaman now, mestinya bersedia. Namun jika berpegang pada prinsip “tak mau terima sistem, masih banyak yang mau bergabung jadi sopir“, apa mau dikata? (*)

Sumber: Kompasiana.com

Continue Reading

terbaru

Berita15 jam ago

Setelah Diminta Keterangan Mengenai Fakta Sidang, Boediono Irit Bicara

Kabarnas, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta keterangan dari Wakil Presiden RI 2009 s.d. 2014 Boediono soal fakta-fakta sidang...

Berita15 jam ago

DPP – UPAS : Pelebaran Jln Pdt J Wismar Saragih Tak Tuntas, Kembalikan Lahan GKPS

Pematangsiantar, Kabarnas – Sebagai bentuk dukungan kepada Pemko Siantar Pimpinan Pusat GKPS telah menghibahkan lahannya di depan kantor pusat GKPS...

peristiwa16 jam ago

Korban pembunuhan di Bekasi jenajahnya dibawa ke Samosir.

Bekasi, Kabarnas – Empat jenazah satu keluarga korban pembunuhan di Bekasi diberangkatkan ke Samosir pada Rabu (14/11/2018) untuk dimakamkan. Hal tersebut...

Berita2 hari ago

Warga heboh, Harimau Sumatera masuk ke kawasan pasar di Indragiri Hilir.

Pekanbaru, Kabarnas – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau menduga seekor harimau dewasa yang secara mengejutkan masuk ke...

Hukum2 hari ago

Polisi telah periksa 12 orang terkait pembunuhan Diperum Naingolan sekeluarga

Jakarta, Kabarnas –  – Penyidik Polda Metro Jaya dan Polres Bekasi Kota telah memeriksa 12 saksi terkait pembunuhan empat orang...

Berita2 hari ago

Presiden Jokowi – Putin sepakat meningkatkan kerjasama ekonomi

Singapura, Kabarnas – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Pertemuan tersebut dilaksanakan di sela-sela...

Internasional2 hari ago

Indonesia – Chile sepakat meningkatkan kerja sama di bidang perdagangan dan kelautan

Singapura, Kabarnas – Presiden Jokowi dan Presiden Cile Sebastian Pinera,  mengadakan pertemuan bilateral di sela-sela pelaksanaan KTT ke-33 ASEAN di...

Internasional2 hari ago

Jokowi ajak ASEAN dapat terus memperkuat sinergi dengan APEC, G-7 dan juga IMF

  Singapura, Kabarnas – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan tiga kunci untuk menghadapi situasi global, yaitu meningkatkan kerja sama ekonomi...

Internasional2 hari ago

Jokowi tegaskan mendukung penuh perdamaian di Semenanjung Korea.

Singapura, Kabarnas – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut baik perkembangan  proses perdamaian di Semenanjung Korea. Tekad kuat yang ditunjukkan Presiden...

Internasional2 hari ago

Presiden Jokowi ajak RRT berkalaborasi di konsep Indo-Pasifik

Singapura, Kabarnas – Dalam KTT ASEAN-RRT yang berlangsung di Suntec Convention Centre, Singapura, Rabu (14/11) siang, Presiden Joko Widodo (Jokowi)...

Trending