Connect with us

Politik

Jokowi peragakan jurus Sun Tzu yang memporak-porandakan lawan tanding dalam Pilpres 2019

Kupang – Analis politik dari Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang, Mikhael Bataona menilai Joko Widodo (Jokowi) telah memperagakan jurus mahaguru perang Sun Tzu yang memporak-porandakan lawan tanding dalam Pilpres 2019.

“Menurut saya, Jokowi sangat cerdik. Jokowi sedang memperagakan jurus perang Sun Tsu, dan berhasil membuat lawannya saling bertengkar sendiri karena tidak segera menemukan kecocokan soal wakil,” kata Mikhael Bataona kepada Antara di Kupang, Jumat (10/8).

Ia mengemukakan pandangan itu berkaitan dengan fenomena politik menjelang penutupan pendaftaran pasangan calon presiden dan wakil presiden ke KPU, Jumat (10/8) malam.

Partai Demokrat bahkan menyerang Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan sebutan Jenderal Kardus, dan penolakan Demokrat pada nama Sandiaga Uno.

“Inilah yang menjadi kata kunci Jokowi semalam (9/8),” katanya.

Pengajar pada Fakukltas Ilmu Sosial dan Politik Unwira itu lantas mengutip pernyataan Sun Tzu, “Letihkan mereka dengan jalan berputar-putar. Bikin mereka bertengkar sendiri. Haluslah agar kau tidak terlihat. Misteriuslah agar kau tak teraba. Maka, kau akan menguasai nasib lawanmu.”

“Jokowi telah memperagakan jurus perang mahaguru Sun Tsu dengan sangat dingin,” ujar Mikhael Bataona.

Efek Elektoral, pada menit-menit terakhir, ketika nama Mafhud MD  dan secara fisik Mafhud sudah siap masuk arena deklarasi, justru Jokowi memutuskan nama Ma’aruf Amin. “Hal ini jelas bahwa bonus efek kejut itu diperoleh Jokowi,” katanya.

Kejutan pertama adalah penolakan oleh para pendukung Jokowi/Mafhud karena luka lama dalam Pilgub DKI lalu.”Saya kira ini reaksi alamiah yang akan berangsur pulih sejalan dengan waktu,” katanya.

Menurut dia, pemilih Jokowi sulit untuk melakukan eksodus karena mereka sangat fanatik. Narasi-narasi yang dibangun Mafhud setelah bertemu Jokowi di Istana sudah mulai mendinginkan situasi.

Efek kejutan yang kedua adalah bahwa ternyata Jokowi dan Mafhud sudah saling memahami. Mafhud MD paham bahwa Jokowi sedang memainkan gim itu untuk menaikkan “effec elektoral”.

“Jika bukan karena ada drama Mafhud semalam, pendeklarasian Jokowi/Ma’aruf tidak seheboh ini.  Inilah politik, memanfaatkan setiap item secara perinci dan rigid, juga menggunakan momentum untuk mencuri reaksi publik sangatlah diperlukan,” katanya.

Dalam politik, “jika Anda tidak cerdas dalam mencuri reaksi public, posisi Anda pasti melemah dan buyar dalam pertarungan wacana di ruang publik.”

Artinya, pada fase ini Jokowilah yang memenangi pertarungan wacana itu karena gaya misterius dan “unpredictable”-nya atau tidak terprediksinya sudah membuat lawan-lawannya kelabakan, tutupnya.(ps/ant)

Politik

Pengamat : Isu identitas agama dalam Pemilu Presiden 2019 sangat membahayakan.

Medan – Pengamat sosial politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara Ansari Yamamah berharap masyarakat dan politikus tidak lagi memainkan isu identitas, terutama masalah agama dalam Pemilihan Presiden 2019 karena sangat membahayakan.

“Isu identitas selalu digunakan untuk memunculkan asumsi mengenai perbedaan antara satu dengan yang lainnya,” kata Dr. Ansari Yamamah di Medan, Rabu (15/8).

Ia berharap dalam Pilpres mendatang, isu identitas sangat tidak layak dipertontonkan lagi karena semua capres dan cawapres beragama Islam.

Jika masih menggunakan isu identitas keagamaan tersebut, dia khawatir akan mengerucut pada isu kelompok dan ormas yang berkaitan dengan keagamaan.

“Itu justru akan memecah belah umat, sangat berbahaya,” katanya.

Oleh karena itu, elite politik dan seluruh elemen masyarakat, termasuk nitizen yang aktif di media sosial untuk tidak lagi menggunakan isu identitas tersebut.

Untuk memberikan manfaat lebih besar, menurut dia, sebaiknya masyarakat dan elite politik mengedepankan isu kebangsaan dari kedua pasangan capres/cawapres.

Ia mencontohkan visi, misi, dan program yang ditawarkan dalam masalah perekonomian nasional.

Dengan demikian, rakyat bisa mengetahui program yang ditawarkan, baik dalam menciptakan lapangan kerja bagi anak negeri, mengatasi utang, menarik investasi, mengembangkan aset dan devisa negara, maupun pengembangan ekonomi umat Islam.

Demikian pula dengan berbagai program untuk menjaga harga diri bangsa dan negara bisa berdaulat secara global.

“Isu itu perlu supaya kita bangga menjadi bangsa Indonesia,” kata alumnus Leiden University Belanda itu.

Continue Reading

Politik

Tim kampanye Nasioanal Jokowi/ Ma’ruf terbentuk

Jakarta – Struktur Tim Kampanye Nasional Pasangan Calon (Paslon) Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin sudah rampung.

Sekretaris Jenderal Partai NasDem Johny G. Plate mengatakan hal itu di sela rapat para sekretaris jenderal (sekjen) dari sembilan partai politik anggota Koalisi Indonesia Kerja (KIK) di Sekretariat Sekjen Parpol KIK, Menteng, Jakarta, Minggu (12/8) malam.

Johny G. Plate menjelaskan bahwa struktur Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi/Ma’ruf meliputi dewan pengarah yang berada di posisi tertinggi. Dewan pengarah ini beranggotakan para ketua umum parpol anggota KIK. Mereka memiliki tanggung jawab pada strategi pemenangan.

Di bawahnya ada dewan penasihat yang beranggotakan tokoh parpol dan tokoh masyarakat yang berafiliasi ke parpol anggota KIK.

Ada ketua TKN yang bertanggung jawab terhadap seluruh kegiatan pemenangan pasangan calon presiden dan wakil presiden.

“Nama ketua TKN ini masih belum diumumkan oleh Pak Jokowi,” katanya.

Wakil Ketua TKN ada lima orang, yakni Lodewijk Freiderich Paulus (Sekjen Partai Golkar), Johny G. Plate (Sekjen Partai NasDem), Arsul Sani (Sekjen PPP), Abdul Kadir Karding (Sekjen PKB), serta Hery Lontung Siregar (Sekjen Partai Hanura).

Sekretaris TKN adalah Hasto Kristiyanto (Sekjen PDI Perjuangan), didampingi Wakil Sekretaris yakni, Ahmad Rofik (Sekjen Partai Perindo), Raja Juli Antoni (Sekjen Partai Solidaritas Indonesia), dan Verry Surya Hendrawan (Sekjen PKPI).

Bendahara adalah Agus Gumiwang Kartasasmita (Wakil Ketua Umum Partai Golkar) didampingi beberapa nama dari parpol anggota KIK.

Di bawah ketua, sekretaris, dan bendara, ada Commend and Control Room (CCR) yang diisi oleh sembilan sekjen parpol koalisi anggota KIK.

“CCR ini yang mengoordinasi operasional dan bertanggung jawab terhadap teknis pemenangan.

Di bawahnya, ada struktur tim ahli yang berisi pakar-pakar dari partai politik, serta konsultan yang berisi tokoh senior parpol. Di bawahnya lagi ada koordinariat wilayah, yakni menjadi koordinator pemenangan di masing-masing provinsi di Indonesia.

Di bawah koordinator pemenangan, ada 11 direktorat yang akan mengoordinasi kegiatan-kegiatan teknis tim pemenagan.

“Sebanyak 11 direktorat ini diisi oleh pengurus dari sembilan parpol anggota KIK,” katanya.

Ia menyebutkan masih ada juru bicara sebanyak 225 orang yang merupakan gabungan dari seluruh parpol anggota KIK.

“Setiap parpol menyiapkan 25 orang juru bicara,” katanya.

Continue Reading

Politik

KPU nyatakan berkas pendaftaran Prabowo – Sandiaga Uno lengkap

Jakarta, ) – Komisi Pemilihan Umum menyatakan dokumen pendaftaran pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno sudah lengkap.

“Alhamdulillah setelah penelitian semua dokumen dinyatakan lengkap,” kata salah seorang staf KPU di gedung KPU, Jakarta, Jumat.

Pengurusan Prabowo-Sandiaga itu lebih singkat dibanding pengurusan dokumen lawannya, Joko Widodo-Ma’ruf Amin yang sudah lebih dulu mendaftarkan ke KPU. Prabowo-Sandiaga hanya butuh waktu sekitar 10 menit sedangkan Jokowi-Ma’ruf butuh waktu sekitar 20 menit.

“Untuk surat pengantar kesehatan kami serahkan ke tim penghubung. Pemeriksaan kesehatan akan dilakukan pada Senin, 13 Agustus, mohon dicermati apa saja yang harus disiapkan,” kata staf tersebut. (ps/ant)

Continue Reading

terbaru

Olahraga4 jam ago

Sekitar 350 atlet dari 15 negara peserta Asian Games XVIII  tiba di Kota Palembang

Palembang – Sekitar 350 atlet dari 15 negara peserta Asian Games XVIII  sudah tiba di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Berdasarkan...

Politik4 jam ago

Pengamat : Isu identitas agama dalam Pemilu Presiden 2019 sangat membahayakan.

Medan – Pengamat sosial politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara Ansari Yamamah berharap masyarakat dan politikus tidak lagi...

Wisata5 jam ago

Walhi berharap Geopark Kaldera Toba harus bisa masuk dalam UNESCO Global Geopark

Medan, 15/8 (Antara) – Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi), Sumatera Utara berharap Geopark Kaldera Toba harus bisa masuk dalam UNESCO...

Wisata5 jam ago

KKP sosialisasikan daya dukung dan zonasi KJA di Danau Toba

Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyosialisasikan hasil kajian daya dukung dan penetapan zonasi untuk budi daya ikan dalam...

Berita5 jam ago

Pelatih Real Madrid yakin Gareth Bale mampu menggantikan

Taillinn, Spanyol – Pelatih Real Madrid Julen Lopetegui memuji Gareth Bale dan meyakini penyerang Welsh itu mampu mengisi kekosongan yang...

Olahraga5 jam ago

Timnas Suriah berhasil tekuk timnas Uni Emirat Arab 1-0 pada laga Grup C Asian Games.

Bandung – Tim nasional Suriah berhasil mengalahkan Uni Emirat Arab 1-0 pada laga lanjutan Grup C Asian Games 2018, yang...

Daerah13 jam ago

Kapolda Sumut bersama pejabat utama, Ibu Bhayangkari dan Polwan dari sejumlah polres menggelar nobar film dokumenter Polwan Carstensz

Medan – Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Paulus Waterpauw bersama pejabat utama, Ibu Bhayangkari dan Polwan dari sejumlah polres menggelar...

Hukum14 jam ago

Satserse Narkoba Polrestabes Medan amankan IRT pembawa sabu 1 Kg

Medan  – Tim Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Medan amankan Seorang ibu rumah tangga  Nalias Betti  (NB), 32 tahun, diringkus personil...

Berita14 jam ago

Pramono Anung, lantik 66 pejabat baru di lingkungan Sekretariat Kabinet

Jakarta – Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, lantik 66 pejabat baru di lingkungan Sekretariat Kabinet Para pejabat baru yang dilantik...

Nasional14 jam ago

Kepada Pramuka, Jokowi menitipkan bangsa ini untuk dibawa ke masa kejayaan

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Gerakan Pramuka harus merevitalisasi dirinya agar terus dapat membentuk manusia-manusia Pancasila yang tangguh,...

Trending